KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mita Megah Kurni Putri
Ersanghono Kusumo
Woro Sumarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia. Model VAK dipilih karena mampu menjangkau setiap gaya pembelajaran siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kesamaan dua varians, uji perbedaan rerata, dan uji ketuntasan belajar klasikal. Hasil uji t-test memperlihatkan thitung posttest adalah 3,84 dan thitung aktivitas adalah 3,94 lebih besar dari ttabel yaitu 1,70. Hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 87,50 % dan kelas kontrol sebesar 76,67 %. Hasil observasi aspek afektif, psikomotorik, dan aktivitas menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rerata nilai yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis angket tanggapan siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa tertarik dan senang dengan diterapkannya model VAK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##