Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini

  • Siti Fadjryana Fitroh PGPAUD FIP Universitas Trunjoyo Madura
  • Raudatul Jannah PGPAUD FIP Universitas Trunjoyo Madura
  • Yulias Wulani Fajar PGPAUD FIP Universitas Trunjoyo Madura
  • Titin Faridatun Nisa’ PGPAUD FIP Universitas Trunjoyo Madura
  • Muhammad Busyro Karim PGPAUD FIP Universitas Trunjoyo Madura
Keywords: Implementation of Iqro’ Method, Reading Skills, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan metode iqro’ dalam kegiatan membaca pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Muhammadiyah Socah. Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif studi deskriptif. Subjek penelitian adalah kelompok B di Raudhatul Athfal Muhammadiyah Socah, dengan jumlah siswa 38 Anak, yang terdiri dari 18 anak laki-laki dan 20 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan membercheck. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode iqro’ dilakukan secara privat dan kemampuan anak menggunakan metode iqro’ belum berhasil, faktor penghambatnya yaitu: intelektual, usia dan lingkungan. Sedangkan faktor hambatan penggunaan metode iqro’ yakni faktor internal: anak kurang bisa konsentrasi, kemampuan anak dalam belajar dan faktor eksternal: kurangnya jumlah guru dalam mengajar, pendidikan orangtua yang masih rendah, peran orangtua dalam menerapkan kegiatan di rumah. Selain itu ada faktor pendukung penggunaan metode iqro’. Faktor pendukung internalnya seperti: anak lebih senang belajar secara klasikal, anak bersemangat belajar dirumah dengan temannya dan faktor eksternal seperti: siswa yang  tidak mau membaca diberikan hukuman tidak boleh istirahat, peran orangtua dalam mengajarkan kegiatan membaca di rumah, dan sekolah melakukan kerja sama dengan orangtua.

Published
2018-07-19