Upaya Peningkatan Kemampuan Calon Pendidik dalam Penyusunan Program Pembelajaran (RPPM dan RPPH) dan Penerapan dalam Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 Mahasiswa Semester V dalam Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran S1 PG PAUD FKIP Universitas Bengkulu

  • Muhammad Nasirun FKIP Universitas Bengkulu
  • Yulidesni Yulidesni FKIP Universitas Bengkulu
Keywords: program pembelajaran, Strategi Pembelajaran, kurikulum 2013

Abstract

Bagaimana meningkatkan kemampuan penyusunan program pembelajaran berupa program program mingguan (RPPM) dan program harian (RPPH) dan penerapan dalam pembelajaran sesuai kurikulum 2013 mahasiswa semester V dalam  mata kuliah Strategi Pembelajaran S1 PAUD FKIP Universitas Bengkulu. Meningkatkan kemampuan penyusunan program ingguan (RPPM) dan program harian (RPPH) dan penerapan pembelajaran kurikulum 2013. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 PG PAUD yang duduk pada smester V sejumlah 77 orang, sampel penelitian adalah sampel total karena jumlah populasi kurang dari seratus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data program pembelajaran dan observasi untuk memperoleh data praktek pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: Tidak mengalami peningkatan kemampuan calon pendidik (mahasiswa) dalam penyusunan program pembelajaran RPPM dan RPPH. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dalam kategori cukup dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dalam kategori baik. Sedangkan dalam praktek pembelajaran dalam bentuk “peer-teaching†sebagai penerapan rencana pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dalam kategori cukup. Disarankan “Guru†atau praktikan yang ditunjuk hendaknya tetap tidak berubah-ubah, agar bisa lebih menguasai dengan melakukan praktek yang berulang-ulang; Mahasiswa perlu banyak melakukan observasi ke lapangan (PAUD) untuk melihat guru mengajar di kelas (real teaching); Pemahaman mengenai puncak tema kurikulum 2013 pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) perlu lebih ada penekanan; dan Pemahaman mengenai rubrik penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) perlu dilatih secara mendalam sehingga dipahami.

Published
2018-07-20