Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini melalui pendekatan tematik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Kelompok B Jatiwaringin Pondok Gede. Penelitian ini meneliti 15 anak usia enam tahun. Model tindakan yang dipakai adalah model Kemmis dan Tegart yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif dan kualitatif. data dianalisa dengan menggunakan model analisis Spradley. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan pendekatan tematik yang melibatkan bermacam-macam metoda, media dan kegiatan dapat meningkatkan perkembangan anak usia enam tahun dalam perkembangan kognitif. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini dengan pendekatan tematik terutama dalam perencanaan pembelajaran, penyusunan pembelajaran bagi guru dan kurikulum pendidikan tinggi.