Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Di Tk Islam Al-Kautsar Samarinda
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui pemanfaatan barang bekas di TK Islam Al-Kautsar Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada anak kelompok B3 yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan serta satu orang guru Tahun Ajaran 2017/2018 di TK Islam Al-Kautsar Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kreativitas dan keterampilan guru dalam pembelajaran kegiatan memanfaatkan barang bekas di Kelompok B TK Islam Al-Kautsar Samarinda.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan perolehan jumlah nilai pada siklus I yaitu 636 dengan nilai rata-rata yaitu 40% yang termasuk dalam kategori mulai berkembang. Perolehan jumlah nilai pada siklus II yaitu 1183 dengan nilai rata-rata yaitu 74% yang termasuk dalam kategori berkembang sesuai harapan. Perolehan jumlah nilai pada siklus III yaitu 1528 dengan nilai rata-rata yaitu 95% yang termasuk dalam kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan uraian hasil observasi dan refleksi dari siklus I, II, dan III dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan memanfaatkan barang bekas dapat meningkatkan kreativitas anak pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Kautsar Samarinda.