Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dan Latar Belakang Pendidikan
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja mengajar yang terjadi pada guru taman kanak-kanak di PAUD Tanjung Jati belum optimal. Berdasarkan studi pendahuluan, diduga guru yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana PAUD memiliki kinerja yang lebih baik daripada guru yang memiliki latar belakang pendidikan lainnya. Hal tersebut menjadi alasan yang mendasari rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana gambaran kinerja mengajar guru TK di PAUD Tanjung Jati tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan latar belakang pendidikannya? 2). Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja mengajar guru TK di PAUD Tanjung Jati tahun pelajaran 2017/2018 ditinjau dari latar belakang pendidikannya?Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan desain penelitian ex post facto pada subjek penelitian yaitu guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, kemudian analisis data yang digunakan adalah uji beda, ANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja mengajar guru TK di PAUD Tanjung Jati tahun pelajaran 2018/2019 menunjukkan optimal berdasarkan latar belakang pendidikan pada aspek kebiasaan kerja secara umum, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, namun pada penilaian hasil pembelajaran menunjukkan kinerja mengajar yang belum optimal. 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja mengajar guru yang ditinjau dari latar belakang pendidikan.