Literasi Sains Ramah Anak Usia Dini
Abstract
Sains sangat erat dalam kehidupan anak-anak. Anak-anak menemukan, mengamati, dan belajar dari objek-objek sains yang ada di lingkungan sekitarnya. Literasi sains menjadi sangat potensial untuk mulai dipupuk dan dikembangkan pada anak-anak usia dini. Literasi sains bagi anak usia dini yaitu dengan anak mengenal, menyadari, dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menjaga lingkungan bahkan memecahkan masalah di lingkungannya. Pendidikan anak usia dini seharusnya bisa menjadi wadah pengembangan literasi sains yang ramah untuk anak-anak usia dini melalui kegiatan atau pembelajaran sains yang terintegrasi dalam tema-tema sesuai kurikulum PAUD. Hakikat pembelajaran sains bukan hanya konsep, tetapi ada proses dan juga sikap. Kegiatan sains pada anak usia dini lebih ditekankan kepada proses. Proses sains yang ramah anak usia dini adalah dengan memberikan pengalaman nyata yang menantang sehingga memfasilitasi rasa ingin tahu anak dengan menyuguhkan pembelajaran yang interaktif, variatif, dan menyenangkan.