Stimulasi Sensori Pendengaran bagi Anak Toddler Melalui Cerita Boneka Jari di TPA/PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka jari terhadap stimulasi sensori pendengaran bagi anak toddler di TPA/PAUD Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental dengan menggunakan media boneka jari. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan mendengar anak kelas eksperimen yang menggunakan media boneka jari lebih tinggi (90,5) dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita (79). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa t hitung lebih besar dari t tabel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendengar anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan boneka jari sangat efektif terhadap kemampuan mendengar anak toddler di TPA/PAUD Padang.