Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial terhadap Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
Salah satu sikap dan perilaku yang ditanamkan melalui lingkungan sekolah adalah
kemandirian. Kemandirian anak sangat erat kaitannya dengan anak sebagai individu
yang mempunyai kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial yang berdampak
pada kemampuan anak memahami tuntutan lingkungan terhadap dirinya dan
menyesuaikan tingkah lakunya yang dimanisfestasikan dalam perilaku kemandirian.
Pengembangan kecerdasan interpersonal, dapat dilakukan dengan pembelajaran
elaborasi, yakni pembelajaran disajikan dengan cara menggali potensi yang dimiliki
anak untuk dikembangkan dalam interaksi di kelas. Keterampilan sosial merupakan
keterampilan yang dapat dipelajari oleh seseorang sejak usia dini mengenai pola
berhubungan dengan orang lain melalui cara-cara yang diterima oleh lingkungan dan
dapat saling menguntungkan, tidak hanya menguntungkan dirinya tapi juga
menguntungkan buat orang lain.