https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/issue/feed Early Childhood Education Journal of Indonesia 2019-08-06T08:04:41+07:00 Akaat Hasjiandito, M.Pd. [email protected] Open Journal Systems <p>Journal early childhood education of Indonesia menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan praktik-praktik dalam pendidikan anak usia dini yang berskala nasional dan internasional. Jurnal ini diterbitkan oleh Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APGPAUD) Indonesia.</p> https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32426 Pengaruh Media Audio Visual terhadap Stimulasi Sensori Pendengaran bagi Anak Toddler di TPA/PAUD 2019-08-06T08:04:39+07:00 Sri Hartati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap stimulasi sensori pendengaran bagi anak toddler di TPA/PAUD Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian <em>quasy experimental </em>dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan mendengar anak kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual lebih tinggi (8,81)&nbsp; dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita (6,69). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa t <sub>hitung </sub>lebih besar dari t <sub>tabel</sub> menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendengar anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio sangat efektif terhadap kemampuan mendengar anak &nbsp;toddler di TPA/PAUD Padang.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32428 Gaya Kognitif Mahasiswa PAUD FKIP UHO Dalam Memecahkan Masalah Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini 2019-08-06T08:04:40+07:00 Damsir D [email protected] Sitti Rahmaniar Abubakar [email protected] Dorce Banne Pabunga [email protected] Afifah Nur Hidayah [email protected] <p>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya kognitif mahasiswa PAUD FKIP UHO dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kognitif mahasiswa PAUD dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika pada anak usia dini.</p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada mahasiswa jurusan PAUD FKIP UHO. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan PAUD FKIP UHO angkatan 2015 yang berjumlah&nbsp; 38 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik tes dan wawancara. Pemberian tes digunakan untuk mengumpulan data gaya kognitif mahasiswa dalam memecahkan masalah, sedangkan wawancara digunakan untuk menelusuri lebih mendalam gaya kognitif mahasiswa dalam memecahkan masalah pembelajaran matematika pada anak usia dini. Pelaksanaan kedua teknik ini dilakukan secara simultan, yaitu pemberian tes diikuti wawancara.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kognitif mahasiswa PAUD terdiri atas gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Sebanyak 32 orang mahasiswa memiliki gaya kognitif reflektif dan sebanyak 6 orang mahasiswa memiliki gaya kognitif impulsif. Mahasiswa yang memiliki gaya kognitif reflektif menunjukkan karakteristik yang cenderung lebih lambat dalam memberikan reaksi terhadap stimulus yang diterimanya karena memerlukan lebih banyak waktu untuk memikirkan stimulus yang diterimanya tersebut. Sedangkan, mahasiswa yang memiliki gaya kognitif impulsif adalah mahasiswa yang cenderung memberikan reaksi dengan cepat terhadap stimulus yang diterimanya, tanpa melalui perenungan yang mendalam. Dengan demikian mahasiswa jurusan PAUD FKIP UHO memiliki kemampuan yang berbeda dalam memecahkan masalah dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada anak usia dini. Kesimpulan penelitian adalah mahasiswa jurusan PAUD FKIP UHO dapat dibagi menurut gaya kognitifnya, yang terdiri atas gaya kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif dan tidak ditemukan gaya kognitif lain yang dimiliki oleh mahasiswa. Saran yang dikemukakan adalah dalam melaksanakan perkuliahan pada mahasiswa jurusan PAUD, khususnya pada mata kuliah Dasar-dasar Pembelajaran Matematika dan Sains dan matakuliah yang berhubungan dengan pembelajaran, hendaknya dosen memperhatikan gaya kognitif mahasiswa dalam memecahkan masalah sehingga daya serap mahasiswa terhadap materi ajar dapat lebih maksimal.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32430 Pendidikan Holistik Integratif dan Terpadu untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini 2019-08-06T08:04:40+07:00 Elisabeth Sarinastitin [email protected] <p>Pendidikan integratif dan terpadu merupakan pendidikan yang menyatakan keseluruhan yang menjadi dasar untuk pembentukan karakter. Pembentukan karakter integrative dan terpadu sangat ditentukan oleh keterlibatan banyak pihak. Kebijakan dan kesepakatan baik nasional maupun internasional membantu para pihak dalam pembentukan karakater anak usia dini. Kenyataannya pembentukan karakter anak hanya dialayani oleh lembaga pendidikan formal tanpa keterlibatan aktif dari elemen lainnya. Karakter manusia telah melekat pada kepribadian seseorang dan ditunjukkan dalam perilaku kehidupannya sehari-hari. Sejak lahir, manusia telah memiliki potensi karakter yang ditunjukkan oleh kemampuan kognitif dan sifat-sifat bawaannya. Karakter bawaan akan berkembang jika mendapat sentuhan pengalaman belajar dari lingkungannya. Keluarga merupakan lingkungan belajar pertama yang diperoleh anak dan akan menjadi fondasi yang kuat untuk membentuk karakter setelah dewasa.Pembinaan karakter harus terus menerus dilakukan secara holistik dari semua lingkungan pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Menurut Miftahudin (2010) pendidikan karakter pada usia dini di keluarga bertujuan untuk pembentukan, pada usia remaja di sekolah bertujuan untuk pengembangan sedangkan pada usia dewasa di bangku kuliah bertujuan untuk pemantapan. Tugas-tugas pendidik adalah menyediakan lingkungan belajar yang baik untuk membentuk, mengembangkan dan memantapkan karakter peserta didiknya.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32431 Stimulasi Sensori Pendengaran bagi Anak Toddler Melalui Cerita Boneka Jari di TPA/PAUD 2019-08-06T08:04:40+07:00 Zulminiati Zulminiati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka jari terhadap stimulasi sensori pendengaran bagi anak toddler di TPA/PAUD Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian <em>quasy experimental </em>dengan menggunakan media boneka jari. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kemampuan mendengar anak kelas eksperimen yang menggunakan media boneka jari lebih tinggi (90,5)&nbsp; dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita (79). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh bahwa t <sub>hitung </sub>lebih besar dari t <sub>tabel</sub> menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendengar anak. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan boneka jari sangat efektif terhadap kemampuan mendengar anak &nbsp;toddler di TPA/PAUD Padang.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32432 Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial terhadap Kemandirian Anak Usia Dini 2019-08-06T08:04:40+07:00 Rusmayadi Rusmayadi [email protected] <p>Salah satu sikap dan perilaku yang ditanamkan melalui lingkungan sekolah adalah<br>kemandirian. Kemandirian anak sangat erat kaitannya dengan anak sebagai individu<br>yang mempunyai kecerdasan interpersonal dan keterampilan sosial yang berdampak<br>pada kemampuan anak memahami tuntutan lingkungan terhadap dirinya dan<br>menyesuaikan tingkah lakunya yang dimanisfestasikan dalam perilaku kemandirian.<br>Pengembangan kecerdasan interpersonal, dapat dilakukan dengan pembelajaran<br>elaborasi, yakni pembelajaran disajikan dengan cara menggali potensi yang dimiliki<br>anak untuk dikembangkan dalam interaksi di kelas. Keterampilan sosial merupakan<br>keterampilan yang dapat dipelajari oleh seseorang sejak usia dini mengenai pola<br>berhubungan dengan orang lain melalui cara-cara yang diterima oleh lingkungan dan<br>dapat saling menguntungkan, tidak hanya menguntungkan dirinya tapi juga<br>menguntungkan buat orang lain.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32433 Mengenal Matematika Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mengurutkan Pola (Pattern) 2019-08-06T08:04:41+07:00 Nurlayli Hasanah [email protected] Hariani Fitrianti [email protected] <p>Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengenal matematika anak usia dini melalui kegiatan mengurutkan pola <em>(pattern).</em> Matematika merupakan salah satu jenis pengetahuan yang dibutuhkan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Matematika pada anak usia dini dapat terdiri dari konsep angka, pola dan hubungan-hubungannya, geometri, pengukuran serta pengumpulan, penyajian data dan organisasi. Konsep matematika tersebut dapat dikenalkan melalui kegiatan mengurutkan pola <em>(pattern). </em>Pola adalah urutan nomor, warna, benda, suara, bentuk atau gerakan yang berulang, dalam susunan urutan yang sama. Mengurutkan pola dapat dengan cara mengenalkan urutan dari yang sederhana AB AB, ABC, AA BB AA BB, AA BB CC AA BB CC dan sampai yang sulit yaitu AAB AAB, ABB ABB, ABBC ABBC dan ABDC ABCD.</p> 2019-07-23T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement##