STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA WADUK GUNUNGROWO INDAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN PATI

  • Angga Pradikta Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Development Strategy, Attraction, PAD Strategi Pengembangan, Obyek Wisata, PAD

Abstract

Abstrak
___________________________________________________________________
Pariwisata merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu negara. Dengan adanya pariwisata ini, maka suatu
negara atau lebih khusus lagi pemerintah daerah tempat objek wisata itu berada, akan mendapatkan pemasukan
dari pendapatan setiap objek wisata. Potensi yang dimiliki obyek wisata di Kabupaten Pati belum dikelola secara
optimal sehingga keberadaan aset wisata belum mendapat respon positif wisatawan dalam bentuk kunjungan
wisatanya. Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah merupakan obyek wisata favorit yang mempunyai daya
tarik tinggi dengan suasana dan pemandangannya yang masih asri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan obyek
wisata Waduk Gunungrowo Indah, Strategi pengembangan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pati
dalam mengembangkan obyek wisata Waduk Gunungrowo Indah dan Seberapa besar kontribusi obyek wisata
Waduk Gunungrowo Indah untuk Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk
mencari strategi pengembangan bagi Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Peneliti akan menggambarkan tentang keadaan di lapangan dan mengajukan
sebuah strategi pengembangan sebagai bahan rekomendasi bagi Pemerintah Daerah. Penelitian ini menggunakan
analisis SWOT. Untuk mengetahui besarnya ukuran sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini,
digunakan rumus pendekatan slovin dengan sampel 100 responden.
Hasil penelitian menunjukkan dalam Matrix Grand Strategy terlihat posisi pengembangan sektor pariwisata di
Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah berada di posisi Strategi Pertumbuhan, yaitu memanfaatkan
seoptimal mungkin kekuatan dan peluang yang dimiliki. Dalam diagram menunjukkan bahwa titik potong
(1,39;0,91) berada pada kuadran I, dimana situasi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan dan
peluang agar dapat meningkatkan pertumbuhan Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah. Perolehan rata-rata
kontribusi Obyek Wisata Waduk Gunungrowo Indah terhadap Pendapatan Asli Daerah tahun 2007-2011 adalah
0,000136 %.



Abstract
___________________________________________________________________
Tourism is one of the things that is important for a country. The existence of this tourism, then a country or
more specifically the Government of the region where the sights are located, will get an infusion of revenues per
tourist attractions. Potential tourist attractions in the Pati County have not been managed optimally so the
existence of tourist assets have not received a positive response in the form of tourists visit sights. Tourism
Waduk Gunungrowo Indah is the favorite tourist attraction which has high appeal to the atmosphere and the
view is still beautiful.
The troubles in this research is factors who encourages and hinder the development of tourism waduk
gunungrowo beautiful. development strategy undertaken by governments district of starch in develop tourism
waduk gunungrowo beautiful and how big contribution Tourism Waduk Gunungrowo Indah to local revenue
district Pati.
This research is qualitative. Researchers will illustrate about the situation in the field and propose a
development strategy as a recommendation for local governments. This research use the SWOT analysis. . The
sample in this study using the method of the incidental random sampling. To find out the size of the sample
size to be used in this research, used a formula approach the sample slovin 100 respondents.
The results showed in the Matrix of the Grand Strategy of development of tourism sector position look at
Gunungrowo Reservoir Scenic Attractions are in position, the growth strategy utilizes seoptimal power and
opportunities may be owned. In the diagram shows that the intersection (1,39; 0.91) is in quadrant I, where the
situation can be done by utilizing the strengths and opportunities in order to increase the Tourism growth of the
Gunungrowo Reservoir. Average earnings contribution of Gunungrowo Reservoir Scenic Attractions of the
Area's original Income 2007-2011 is 0,000136%.STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA WADUK
GUNUNGROWO INDAH
DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD)
KABUPATEN PATI

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta

BPS Kabupaten Pati. 2007-2011. Pati Dalam Angka. Pati

Lituhayu, Heri. 2011. Strategi Pengembangan Pariwisata Kabupaten Pati.

Universitas Diponegoro

Oka, A. Yoeti.2005.Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.

Jakarta : Pradnya Paramita

Pendit, Nyoman. 2002. Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta :

PT Pradnya Paramiata

Pitana, I Gede.2005.Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta : ANDI

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Ross, Glenn F. 1998. Psikologi Pariwisata.Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Sammeng, Andi Mappi. 2001. Cakrawala Pariwisata. Jakarta : Balai Pustaka

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2000. Tentang Pajak Daerah dan Retribusi

Daerah.Jakarta

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004. Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta

Undang-Undang RI No.9 Tahun 1990. Tentang Kepariwisataan.Jakarta

How to Cite
Pradikta, A. (1). STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA WADUK GUNUNGROWO INDAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN PATI. Economics Development Analysis Journal, 2(4). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i4.2478