STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SERTA KONTRIBUSINYA PADA PENERIMAAN RETRIBUSI KOTA PEKALONGAN

  • Muhammad Taufiqurrohman - Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SERTA KONTRIBUSINYA PADA PENERIMAAN RETRIBUSI KOTA PEKALONGAN

Abstract

Abstrak___________________________________________________________________Pengembangan pariwisata perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu untuk dapatmenarik pengunjung baik lokal maupun dari luar Kota Pekalongan agar dapat meningkatkanpenerimaan retribusi Kota Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yangmelakukan kegiatan wisata dan petugas obyek wisata di Kota Pekalongan. Pengambilan sampelpada penelitian ini menggunakan teknik insidental random sampling. Metode pengumpulan datayang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Data yangdikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif presentase dan metodeanalisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor pendororng pengembangan obyekwisata terdiri dari letak obyek wisata yang strategis, adanya sarana prasarana yang mendukung,kondisi keamanan yang baik, suasana obyek wisata yang memberikan kenyamanan, harga tiketyang terjangkau. Strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan obyek wisata adalahstrategi pertumbuhan agresif yaitu memanfaatkan peluang dan kekuatan yang dimiliki secaraoptimal agar dapat meningkatkan pertumbuhan obyek wisata.

Abstract

Tourism development needs to be done in a comprehensive and integrated to be able to attract visitors bothlocally and from outside the town of Pekalongan in order to increase the acceptance retribution Pekalongan.The population is all persons who conduct tourism activities and tourism officials in Pekalongan. Sampling inthis study using a random sampling technique incidental. Data collection methods used in this study is aquestionnaire ,documentation and interviews. The data collected were analyzed using descriptive analysismethod and the percentage method of SWOT analysis.The results of this study indicate factors pendororngtourism development consists of the strategic location of tourist attraction, which supports the existence ofinfrastructure, security conditions are good, the atmosphere of the attractions that provide comfort, affordableticket prices. Strategies that can be applied in the development of tourism is an aggressive growth strategy thatis taking advantage of opportunities and power that optimally in order to enhance the growth of tourism.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. “Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta:

Rineka Cipta

Dimyati, Adim. 2006. “Mendorong

Perekonomian Dengan Pariwisataâ€. Fakultas

Ekonomi. Semarang: Universitas Diponegoro

Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan

Kota Pekalongan

Emrizal dan Sawirman. 2008. “Bisnis Pariwisata

Sumatera Barat Sebuah Analisis SWOTâ€.

Dalam Jurnal Ekonomi Dan Bisnis,

Volume 3 No.2

Harits, Benyamin. 1995. “Peran Administrator

Pemerintah Daerah, Efektifitas

Penerimaan Retribusi Daerah Pemda Tingkat II Se-

Jawa Baratâ€, Prisma,

No. 4, Tahun XXIV, 81 – 95

Koho. 2001. “Prospek Otonomi Daerah di Negara

Republik Indonesiaâ€. Cetakan ke 5 PT.

Raja Grafindo Persada. Jakarta

Koswara, E, 2000. Menyongsong Pelaksanaan

Otonomi Daerah Berdasarkan

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999;

Suatu Telaahan Menyangkut

Kebijaksanaan, Pelaksanaan dan

Kompleksitasnya, Analisis CSIS

Tahun XXIX/2000, No. 1,36 –53

Lituhayu, Heri. 2011. “Strategi Pengembangan

Pariwisata Kabupaten Patiâ€.

Universitas Diponegoro

McQueen, Jim. 1998. Development of a Model

for User Fees, “A Model on Policy

Development in Creating and

Maintaining User Fees for

Municipalitiesâ€, The Univ. Western

Ontario, Aug. 1998, 1-23

Mahi. 2000.Prospek Desentralisasi di Indonesia

ditinjau Dari Segi Pemerataan Antar

Daerah dan Peningkatan Efesiensi

Analisis CSI 8 Tahun XXIX/2000

Nomor I, 58 –59

Mardiasmo. 2002. “Otonomi dan Manajemen

Keuangan Daerahâ€. Yogyakarta : ANDI

Munawir, S. 1997. “Perpajakanâ€, Liberty, Edisi

Kelima Cetakan Kedua.Yogyakarta

Oka, A. Yoeti.2005.Perencanaan Strategis

Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.

Jakarta : Pradnya Paramita

Pao, Jay W. 2004. Recent Developments and

Prospects of Macao’s Tourism

Industry.Journal Monetary Authority of

Macao

Pendit, Nyoman. 2002. Ilmu Pariwisata : Sebuah

Pengantar Perdana. Jakarta :

PT Pradnya Paramita

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT : Teknik

Membedah Kasus Bisnis.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Ratnasari, Anita. 2008. “Potensi Obyek Wisata

Waduk Gajah Mungkur Sebagai Salah

Satu Sumber PAD Kabupaten Wonogiriâ€.

Semarang : UNNES

Riwu Kaho,Josep.2002. “Prospek Otonomi Daerah

di Negara Republikâ€. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada

Santoso, Apik Budi. 2004. Diktat Perkuliahan

Geografi Wisata. Semarang. FIS

UNNES

Siahaan, Marihot. 2005. “Pajak Daerah dan

Retribusi Daerahâ€. Jakarta. PT. Raja

Grafindo Persada

Soebagyo.2012. “Strategi Pengembangan

Pariwisata Indonesiaâ€.Jurnal Liquidity,

Vol 1 No. 2. Juli-Desember. Hal 153-

Jakarta Selatan: Universitas

Pancasila

Spillane, James J.1991. “Ekonomi Pariwisata :

Sejarah dan Proepseknya†Yogyakarta:

Kanisius

Suparmoko. 2002. “Ekonomi Publik : Untuk

Keuangan & Pembangunan

Daerahâ€.Yogyakarta : ANDI

Suwantoro, Gamal. 2004. “Dasar-Dasar

Pariwisataâ€. Yogyakarta : ANDI

Syamsi, Ibnu. 1994. “Dasar-dasar Kebijaksanaan

Keuangan Negaraâ€. Edisi

Revisi. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Sproule, jones & white.1989. “Keuangan

Pemerintah Daerah di Indonesiaâ€,

(terjemahan oleh Masri Maris),UIPress.

Jakarta

Tjokroaminoto, Bintoro.1996. “Perencanaan

Pembangunanâ€. Jakarta : PT.Griya

Agung

Tunggal, Amin Wijaya, dkk., “Tanya Jawab

Perpajakkan Baru Indonesiaâ€,

Jakarta:Harvasindo, cet. 1, 2005

Umar, Husein. 2003. “Metode Riset Bisnisâ€.

Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Undang-Undang R1 Nomor 9 Tahun 1990.

Tentang Kepariwisataan. Jakarta.

Direktorat Jenderal Kepariwisataan

Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2000.

“Tentang Pajak Daerah dan Retribusi

Daerahâ€.Jakarta

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004.

Tentang Pemerintah Daerah. Jakarta

Undang-Undang RI Nomor 33 Tahun 2004.

Tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan

Daerah. Jakarta

Wardiyanta. 2006. “Metode Penelitian

Pariwisataâ€. Yogyakarta : ANDI

Wahab, Salah. 2003. “Manajemen

Kepariwisataanâ€. Jakarta : PT Pradnya

Paramita

How to Cite
-, M. (1). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SERTA KONTRIBUSINYA PADA PENERIMAAN RETRIBUSI KOTA PEKALONGAN. Economics Development Analysis Journal, 2(4). https://doi.org/10.15294/edaj.v2i4.3207