STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TALUN MELALUI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

  • Hanifa Fitrianti Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi
Keywords: Kurs, GDP, dan Neraca Perdagangan Indonesia

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat dikembangkan sebagai sumber pendapatan daerah. Kabupaten Pati merupakan kabupaten yang mengesankan, kaya sumber daya, memiliki gunung, tanah, pantai, dan laut. Upaya pengembangan sumber daya di sektor ini belum optimal membuat berpenghasilan rendah dari sektor ini. Sektor ini perlu pembangunan yang lebih baik. Desa Talun penelitian Peneliti sebagai desa wisata yang mengumumkan bupati. Tujuan penelitian ini ini untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) desa Talun dan membuat rencana strategis pembangunan desa Talun. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang mengumpulkan dari daerah dan data sekunder lainnya. Research identifikasi obyektif berdasarkan survei dan wawancara hasil. Rekomendasi Talun pembangunan desa berdasarkan analisis SWOT. Rencana strategis berdasarkan kekuatan dan strategi opporturnity, kelemahan dan strategi peluang, kekuatan dan strategi ancaman, dan kelemahan dan strategi ancaman..

Abstract ___________________________________________________________________

Tourism is one sector which can be develop as a local income source. District of Pati is an impressive district, rich of resources, has mountain, land, beach, and sea. Attempt of resources development in this sector not optimal make low income from this sector. This sector needs better development. Researcher research Talun village as a tourism village that announce by regent. This research’s objective to identify strength, weakness, opportunity, and threat (SWOT) of Talun village and make a strategic plan of Talun village development. Type of this research use quantitative and qualitative method. This research use primary data that collect from area and other secondary data. Research’s objective identification based on survey and interview result. Recommendation of Talun village development based on SWOT analysis. Strategic plan based on strength and opporturnity strategy, weakness and opportunity strategy, strength and threat strategy, and weakness and threat strategy.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. 2008. Laporan Akhir Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Kabupaten Pati. Pati: Pemerintah Kabupaten Pati.

Kantor Penelitian dan Pengembangan. 2013. Laporan Akhir Riset Unggulan Daerah (RUD) Tahun Anggaran 2013 Pengembangan Potensi Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Pati. Pati: Pemerintah Kabupaten Pati.

Kartasasmita, Ginandjar. 1996. POWER DAN EMPOWERMENT: Sebuah Telaah Mengenai KonsepPemberdayaan Masyarakat. http://www.ginandjar.com/public/12PowerdanEmpowerment .pdf. diakses pada tanggal 7 Juli 20014 pukul 22:00.

Marpaung, Happy dan Herman Bahar. 2002. “Pengantar Pariwisataâ€. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy J. 2002. “Metode Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 1999. “Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnisâ€. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Published
2014-04-01
How to Cite
Fitrianti, H. (2014). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA TALUN MELALUI MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Economics Development Analysis Journal, 3(1). https://doi.org/10.15294/edaj.v3i1.3559