ANALISIS PROFIT MARJIN SUSU SAPI PERAH DI KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

  • Adi Kristoro Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Dairy Milk, Profit Margin

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Agribisnis ternak sapi perah merupakan komponen peting dalam usaha tani bagi kesejahteraan penduduk pedesaan, karena pemeliharaan pada skala kecil dapat membantu pendapatan dengan pemanfaatan sumberdaya alam yang tersedia di sekitarnya, maka diperlukan studi mengenai sistem pemasaran emping mlinjo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini : (1) Bagaiman distribusi pemasaranya pada komoditas susu sapi perah di Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Tumur.. (2) Seberapa besar marjin keuntungan yang di nikati masing – masing pelaku tata niaga susu sapi perah.Lokasi penelitian ditentukan pada lima Desa yang ada di Kecamatan Ungaran Barat dan Timur. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2012-Desember 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 peternak susu sapi perah, 1 KUD pedagang pengumpul, 1 IPS ( industry pengolah susu) , 31 pedagang pengecer melalui teknik Analisis Cost Benefit. Data dianalisis secara deskriptif terhadap pola distribusi, margin pemasaran dihitung dengan nilai prosentase marjin pemasaran dan bagian yang diterima produsen. Hasil penelitian yaitu di Kecamatan Limpung terdapat dua saluran distribusi, yaitu Pertama; Peternak ke KUD ,KUD ke industry pengolahan susu, Industri pengolahan susu ke konsumen ; kedua, Peternak ke Konsumen. Margin pemasaran tertinggi pada Susu sapi perah tertinggi terjadi pada pengrajin/pengolah (Rp.4.250), Peternak ke KUD (Rp. 50), KUD ke Pengelolah susu (Rp. 200) dan pola yang kedua Peternak Ke Konsumen (Rp. 2.110).Saran dalam penelitian ini yaitu; (1) Dalam pola saluran distribusi yang di gunakan di Kecamatan Ungaran Barat dan Timur Keuntungan terbesar di nikmati oleh industry pengolah susu (IPS) Bila peternak menjual hasil produksinya ke KUD. Diharapkan pemerintah dapat mengontrol Industry pengolah susu agar tidak menentukan harga terlalu rendah. (2) Dari perhitungan biaya dan manfaat usah sapi perah di Kecamatan Ungaran Barat dan Timur di Kabupaten semarang layak untuk dilakukan. Dengan beban biaya yang harus di tanggung oleh para peternak masih tinggi,sehingga ke untungan yang diperoleh masih sedikit.

Abstract

___________________________________________________________________

Agribusiness Dairy cattle are a component in farming peting for the welfare of the rural population, due to maintenance on a small scale can help the revenue with the use of natural resources available in the vicinity, it is necessary to study the marketing system chips mlinjo. The problems examined in this study: (1) What is the distribution of the commodity pemasaranya milk of dairy cows in the District of West Ungaran and Ungaran tumur .. (2) How big is the profit margin on each nikati - each actor a dairy milk business administration. Study determined the location of the five villages in the District Ungaran West and East. The study was conducted in October 2012-December 2013. Samples in this study were 50 dairy cows dairy farmers, traders KUD 1, 1 IPS (dairy industry), 31 retailers through Cost Benefit Analysis techniques. Data were analyzed descriptively to the pattern of distribution, marketing margin percentage is calculated by the value of marketing margin and accepted part of the manufacturer. The results of the study are in District Limpung there are two distribution channels, namely the First; Breeders to KUD, KUD to milk processing industry, dairy processing industry to the consumer; secondly, Consumers to Farmers. The highest marketing margin on dairy cows milk is highest in the craftsman / processor (Rp.4.250), Breeders to KUD (U.S. $ 50), KUD to Pengelolah milk (U.S. $ 200) and a second pattern Breeders To Consumer (U.S. $ 2,110),Suggestions in this study, namely; (1) In the patterns of distribution channels in use in the District of East and West Unggaran biggest advantage enjoyed by milk processing industry (IPS) When farmers sell their products to cooperatives. It is expected that the government can control the dairy Industry in order not to set the price too low. (2) From the calculation of costs and benefits need Unggaran dairy cattle in the District of West and East in Semarang District feasible. With the burden of costs that must be paid by the farmers are still high, so that all profits earned are still slightly. © 2014 Universitas Negeri Semarang

References

Ahmad Hafidh SF, Aula. 2010. Cost-Benefit Analysis.Modul Mata Kuliah Evaluasi Proyek. Universitas Negeri Yogyakarta.

Aisyah, Siti. 2012. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Pada Usaha Ternak Sapi Perah Rakyat di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.EDAJ 1 (1) (2012). Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Anindita, R. 2003. “Dasar-dasar Pemasaran Hasil Pertanianâ€. Malang: Universitas Brawijaya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik): Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. 2011. Boyolali Dalam Angka 2011. BPS Propinsi Jawa Tengah.

Dinas Peternakan & Perikanan (DISNAKKAN) Kabupaten Boyolali. 2009. Beternak Sapi Perah.

Ipteknet, 2005. Budidaya - Ternak – Sapi – Perah : 19 juli 2005.

Jayanti Puspitasari Ismanto, Dwi. 2010. Profil Bisnis Peternak Sapi Perah di Desa Musuk Kabupaten Boyolali.Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Laksana, Fajar. 2008.Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Likke. 2000. Analisis Cost & Benefit terhadap Industri Rokok di Indonesia.Volume 2,Nomer 2. Universitas Kristen Petra.

Moehar, Daniel Ir, M.S. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.

Perkins, Frances. 1994. PracticalCost Benefit Analisys: Basic Concept and Aplication. Macmillan: Melbourn, Australia.

Rahayu, Endang. 2009.â€Mereposisi Peran Pemasaran Pertanian dalam Revitalisasi Pertanianâ€. Surakarta: Univertas Negeri Surakarta

How to Cite
Kristoro, A. (1). ANALISIS PROFIT MARJIN SUSU SAPI PERAH DI KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Economics Development Analysis Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/edaj.v3i2.3842