Abstract
Abstrak
Masalah penelitian meliputi (1) Bagaimana pemanfaatan biji karet sebagai media berkarya seni kriya dalam pembelajaran keterampilan di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sragen Kabupaten Sragen ? (2) Bagaimana hasil karya pemanfaatkan biji karet sebagai media berkarya seni kriya dalam pembelajaran keterampilan di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sragen Kabupaten Sragen ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa biji karet dapat dimanfaatkan dari sisi artistik, hasil penelitian pada pengamatan terkendali 1 memperoleh jumlah nilai total adalah 2170 dengan nilai rata-rata 80,37 , pada pengamatan terkendali 2 menjadi 2307 dengan nilai rata-rata 85,44, Pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengeboran biji karet, perangkaian dan pembentukan karya. Seluruh proses tersebut dilaksanakan dalam pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2. Berdasarkan pengamatan selama pembelajaran berkarya kerajinan seni kriya, diketahui siswa mampu membuat bentuk kerajinan kriya kreatif, menggunakan alat bor dengan baik dan rapi, merangkai biji karet mulai dari bagian ekor, bagian badan, bagian kepala sampai bagian antena dengan baik sesuai dengan prosedur, melakukan pembentukan biji karet menjadi sebuah karya kerajinan semut-semutan dengan berbagai aksesoris.
Abstract
The Research problems are including (1) How does the use of the rubber seed as media work craft art in learning skills in class VII SMP Muhammadiyah 1 Sragen? (2) How does the creation produce of the rubber seed as media work craft art in learning skills in class VII SMP Muhammadiyah 1 Sragen? This research using qualitative descriptive approach. The data analysis was done through data reduction, data presentation, and verification. The results and discussion of this study indicate that the rubber seed can be used from the artistic side, the result of the research of the first controlled obeservation obtain the number of the total value is 2170 with an average value of 80.37, the second controlled observation became 2307 with an average value of 85.44. Teaching performance process is done through three phases, they are drilling rubber seed, coupling and formation work. The entire process is carried out in the first controlled observation and the second controlled observation. Based on observations during the learning craft art work, students should be able to make the shape of the creative craft art, using a drill with good and cleanly, stringing rubber seeds from the tail, the body, and head to the antenna properly in accordance with the procedure. They are conduct a rubber seed formation into an ant craft work with a variety of accessories.
References
Lembaga Universitas Negeri Semarang