Pembelajaran Apresiasi Batik Salem Brebesan melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 1 Larangan Brebes
pdf

Keywords

Learning
Appreciation
Bateeq
and Scientific Approach.

Abstract

Masalah penelitian meliputi: (1) Bagaimana pembelajaran apresiasi batik Salem Brebesan melalui pendekatan saintifik pada siswa Kelas VIII H SMP N 1 Larangan Brebes; (2) Bagaimana kemampuan apresiasi batik Salem Brebesan siswa Kelas VIII H SMP N 1 Larangan Brebes; Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pengamatan terkendali. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran apresiasi batik Salem Brebesan melalui pendekatan saintifik dengan tahapan, siswa: a) mengamati kain batik Salem Brebesan motif galaran kawung dan burung merak, b) mengajukan pertanyaan dari hasil pengamatan, c) mencoba untuk mengapresiasi batik Salem Brebesan, d) melakukan perbandingan atas informasi yang didapatkan dari hasil pengamatan dengan sumber lain, e) mempresentasikan laporan hasil apresiasi batik Salem Brebesan untuk mendapatkan tanggapan dari teman lain ataupun guru, 2) Kemampuan apresiasi batik Salem Brebesan siswa Kelas VIII H. Kemampuan apresiasi batik Salem Brebesan pada pertemuan pertama siswa mencapai total nilai 2804 dengan rata-rata 82,47 dalam kategori baik, sedangkan kemampuan apresiasi batik Salem Brebesan motif burung merak siswa mencapai total nilai 2883 dengan rata-rata 84,79 dalam kategori baik.

The research problems are include: (1) How does appreciate learning VIII grade if VIII H in Junior High School 1 Larangan Brebes of bateeq Salem Brebesan through scientific approach; (2) How does appreciation skill VIII grade if VIII H in Junior High School 1 Larangan Brebes of bateeq Salem Brebesan; This research use research and development with uncontrolled observations. This research shows: 1) Appreciation learning by using scientific approach of bateeq Salem Brebesan by stages, students: a) observe bateeq Salem Brebesan galaran kawung motif and burung merak, b) ask a question of observations, c) try how to appreciate bateeq Salem Brebesan, d) compare between information from observation result with other sources, e) present their observation report to get feedback from other students or teacher. 2) appreciation skill VIII grade if VIII H of bateeq Salem Brebesan. Appreciation skill of bateeq Salem Brebesan in the first meeting students get 2804 or for about 82,47% in good categories, while result appreciation skill  of bateeq Salem Brebesan burung merak motif students get 2883 point for about 84,79% in good categories.

https://doi.org/10.15294/eduart.v5i2.11477
pdf

References

Bastomi, Suwaji. 2003. Kritik Seni Jurusan Seni Rupa FBS Unnes. Semarang: Unnes.

Kosasih, E.. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurinasih. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Martono. 2011. Eksistensi Batik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Musman, Asti dan Ambar. 2011. Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal: Wayang sebagai Sumber Gagasan. Imajinasi. Januari 2014. Nomor 1. Hlm. 1-8. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.

Syafii, dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Kertangkes SD. Jakarta: Universitas Terbuka.