PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SMP TERBUKA 1 TARUB KABUPATEN TEGAL
PDF

Keywords

Extracurricular learning
batik

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran ekstrakurikuler membatik di SMP Terbuka 1 Tarub Kabupaten Tegal, (2) Bagaimana hasil karya siswa SMP Terbuka 1 Tarub Kabupaten Tegal dalam pembelajaran ekstrakurikuler membatik, (3) Apa faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran ekstrakurikuler membatik di SMP Terbuka 1 Tarub Kabupaten Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler membatik yang berlangsung di SMP Terbuka 1 Tarub bertujuan untuk menumbuhkembangkan potensi dan bakat siswa, dengan materi berupa batik cap, tulis dan colet melalui praktik dan teori. Metode yang digunakan meliputi metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan. Media yang dipakai menggunakan papan tulis dan contoh karya batik, sumber belajar mengambil dari buku dan internet, serta hasil observasi tempat-tempat pengrajin batik terdekat di kota Tegal. Kegiatan evaluasi dilakukan dengan dua model evaluasi, yakni uji lisan, dan  uji praktek. Hasil karya batik ditunjukkan berupa hasil batik dengan teknik cap. Faktor pendukung pembelajaran ekstrakurikuler membatik di SMP Terbuka 1 Tarub meliputi minat dan bakat siswa, dukungan dan motivasi keluarga, skill guru bina, sarana berupa alat membatik. Adapun faktor penghambatnya antara lain tidak tersedianya ruang praktek untuk praktik membatik, kurangnya kecakapan bahasa siswa yang baik

 

Issues that were examined in this study were : ( 1 ) How do extracurricular learning batik in Open Junior 1 Tarub Tegal regency , ( 2 ) How does the work of students of SMP 1 Tarub Open Tegal batik in extracurricular learning , ( 3 ) What are the factors that affect the learning extracurricular batik in Open Junior 1 Tarub Tegal regency . The results showed that the batik extracurricular learning that took place in Open Junior 1 Tarub aims to develop students' potential and talent , with materials such as batik , write and dab through practice and theory . The methods used include lectures, question and answer , demonstrations , and assignments . Media used to use the board and batik work samples , learning resources taking from books and the internet , as well as the observation of the places nearest batik craftsmen in the town of Tegal . Evaluation of activities carried out by two evaluation models , namely the oral test , and test practice . The work of batik in the form results demonstrated the technique of batik cap . Factors supporting extracurricular learning batik in Open Junior 1 Tarub includes interests and talents of students , family support and motivation , teacher skill building , means the form of batik tools . The inhibiting factors such as the unavailability of the practice room to practice batik , the lack of a good student language proficiency

https://doi.org/10.15294/eduart.v2i1.2454
PDF

References

Depdikbud. 1990. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah, Syaiful B. 2000. Guru dan Anak Didik (Dalam Interaksi Edukatif). Jakarta: PT Rineka Cipta.

________. 2002. Psikologi Bejalar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamzuri. 1994. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan.

Hertanto, Luhur. (2009). UNESCO Akui Batik Milik Indonesia. Online http://m.detik.com/UNESCO Akui Batik Milik Indonesia.html [accessed 27/10/10]

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Jamaludin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. Adi Cita.

Kawindrasusanto, K. 1981. Mengenal Seni Batik di Yogyakarta. Yogyakarta: Proyek Pengembangan Permuseuman.

Moleong, Lexy J. 1994. Metode Penelitain Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya.

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.

Murtihadi dan Mukminatun. 1979. Pengetahuan Teknologi Batik. Jakarta: Depdikbud.

RC Achmad Rifai. dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Riyanto, dkk. 2006. Handbook of Indonesian Batik. Yogyakarta: ISI.

Sugandi, Achmad dan Haryanto. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sunaryo, Aryo. 2006. Ornamen Nusantara. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS UNNES. Semarang : UNNES.

Susanto, S. 1984. Seni dan Teknologi Batik. Jakarta: Depdikbud.