KOLAGRAF LIMBAH ALAM : KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI GRAFIS PADA SISWA KELAS VIII B DI SMP N 3 PUNGGELAN BANJARNEGARA
PDF

Keywords

Kolagraf
waste of nature
creativity
graphic arts.

Abstract

Kolagraf merupakan bagian dari seni grafis cetak tinggi, yaitu pembuatan klise dengan cara menempelkan berbagai macam bahan pada bidang papan atau bidang datar. Kolagraf merupakan salah satu teknik pembelajaran grafis yang dapat meningkatkan kreativitas anak. (1) mengetahui dan menjelaskan pembelajaran kolagraf dalam pembelajaran seni grafis pada siswa kelas VIII B SMP N 3 Punggelan, (2) mengetahui dan menjelaskan hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada siswa kelas VIII B  SMP N 3 Punggelan. Permasalahan yang dibahas adalah (1) bagaimana pembelajaran seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada Siswa Kelas VIII B di SMP N 3 Punggelan, (2) Bagaimana hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam pada Siswa Kelas VIII B di SMP N 3 Punggelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan pembuatan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) pembelajaran seni grafis cetak tinggi menggunakan teknik kolagraf limbah alam termasuk dalam kategori cukup, (2)  hasil kreativitas siswa dalam berkarya seni grafis dengan teknik kolagraf limbah alam cukup beragam.

 

Kolagraf is part of a high graphic arts printing , ie making clichés by placing various materials in the field of the board or flat surface . Kolagraf is one graphic learning techniques that can improve the creativity of children . ( 1 ) identify and explain kolagraf learning in teaching printmaking at the eighth grade students of SMP N 3 Punggelan B , ( 2 ) identify and explain the results of students' creativity in graphic art work with natural waste kolagraf techniques in class VIII B SMP N 3 Punggelan . The problems discussed are ( 1 ) how learning printmaking techniques kolagraf with natural waste in Class VIII B in SMP N 3 Punggelan , ( 2 ) How does the creativity of students in the printmaking work with natural waste kolagraf technique in Class VIII B in SMP N 3 Punggelan . This study used a qualitative approach that is descriptive . Data collected through observation , interviews , and documentation . Data analysis was performed through data reduction , data presentation , and making conclusions . The results showed the following: ( 1 ) learning high print printmaking techniques using natural waste kolagraf included in the fair category , ( 2 ) the creativity of students in the printmaking work with natural waste kolagraf techniques are quite varied .

https://doi.org/10.15294/eduart.v2i1.2455
PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hawadi, Reni Akbar dkk. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ismiyanto. 2003. Metode Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ismiyanto. 2008. GBPP Silabus, RPP, dan Handout Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ismiyanto. 2010. Strategi dan Pembelajaran Seni. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kamsidjo. 2006. Bahan Ajar Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Margono, Tri Edi dan Abdul Aziz. 2010. Mari Belajar Seni Rupa. Jakarta: CV Putra Nugraha.

Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta..

Rokhmat, Nur. 2009. Seni Grafis 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rondhi, Moh. 2002. Tinjauan Seni Rupa 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sunaryo, Aryo. 2002. Nirmana I. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sunaryo, Aryo. 2009. Bahan Ajar Seni Rupa 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Syafii. 2010. Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tim Abdi Guru. 2007. Seni Budaya SMP Kelas VII. Demak: Erlangga.