EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK INDOOR DAN OUTDOOR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 REMBANG PURBALINGGA
PDF

Keywords

Learning effectiveness
Picture Shape
Indoor and Outdoor Learning.

Abstract

Untuk mencapai tujuan belajar gambar bentuk, aspek perencanaan dan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran harus dilakukan ke tingkat maksimal sehingga hasil belajar dapat dicapai secara efektif . Guru dapat menggunakan gambar bentuk sebagai bahan ajar di indoor dan outdoor untuk mencapai tujuan pembelajaran . Kasus penelitian ini adalah: ( 1 ) proses pembelajaran indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga , ( 2 ) hasil indoor dan outdoor bentuk gambar , ( 3 ) perbedaan efektivitas indoor dan outdoor pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga , sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yang kelas VII C untuk belajar dalam ruangan sementara kelas VII G untuk belajar di luar ruangan . tekhnik pengumpulan data adalah observasi yang didukung oleh wawancara , kuesioner dan dokumentasi . Kalimat berikut adalah hasil dari penelitian ini . Pertama , penerapan bentuk gambar pembelajaran di dalam dan luar ruangan dibagi menjadi tiga tingkat aktivitas , perencanaan kegiatan , pelaksanaan kegiatan dan aktivitas evaluasi.

 

In order to achieve the learning objectives form images , aspects of planning and implementation and evaluation of learning should be done to the fullest so that learning outcomes can be achieved effectively . Teachers can use the images as a form of teaching materials in the indoor and outdoor learning to achieve the goal . Case study are : ( 1 ) indoor and outdoor learning in class VII SMP Negeri 1 Apex Purbalingga , ( 2 ) the results of indoor and outdoor form of images, ( 3) the effectiveness of indoor and outdoor learning . This research uses descriptive quantitative and qualitative methods . The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 1 Apex Purbalingga , the sample of this study was 2 class C to class VII in the room while studying in class VII G for outdoor learning . techniques of data collection is supported by the observation that interviews , questionnaires and documentation . The following sentence is the result of this study . First , the application of learning in the form of images of indoor and outdoor activities are divided into three levels , activity planning , implementation and evaluation activities

https://doi.org/10.15294/eduart.v2i1.2456
PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartatik, Sri. 2002. Penempatan Strategi Kooperatif. Semarang: Edukasi.

Ismiyanto. 2003. Metode Penelitian. Handout Mata Kuliah Metode Penelitian. Jurusan Seni Rupa. Unnes.

________, PC. S. 2009. Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes

________, PC. S. 2010. Strategi Model Pembelajaran Seni. Semarang : FBS Unnes.

Koentjaraningrat.1985. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.

Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Muharrar, Syakir. 2003. Tinjauan Seni Ilustrasi Bahan Ajar Mata Kuliah Menggambar Ilustrasi. Jurusan Seni Rupa: Unnes.

________. 2009. Kajian Seni Rupa Anak. Jurusan Seni Rupa: FBS Unnes.

________dan Gunadi. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Dalam Mata Kuliah Gambar Pada Jurusan Seni Rupa FBS Unnes dalam Imajinasi Jurnal Seni, Volume 6, No. 2. Semarang : Unnes.

________ dan Mujiono. Gambar 1. Semarang : FBS Unnes

Nisa, Khoirun dan M. Lutfil Hakim. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran Konsep Belajar dan Pembelajaran. http:/blog.uin-malang.ac.id/uchielblog/2011/ 04/07/ teori-belajar-dan-pembelajaran-konsep-belajar-dan-pembelajaran/ (19 jan.2012).

Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Rohman, I. A. 2010. Panduan Menggambar Manusia Menggunakan Media Pensil. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Rohmadi,M. dan S. Subiyantoro. Bunga Rampai. Surakarta. Dalam Yuma Pustaka.2009

Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa I. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS Unnes Semarang : Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.

Sugandi, A. H. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT Unnes Press.

Sumaryanto, Totok. 2010. Metodologi Penelitian 2. Bahan ajar. Semarang: Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni Unnes, Kementrian Pendidikan Nasional.

Sunaryo, Aryo. 2006. Bahan Ajar Seni Rupa 1. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS Unnes Semarang : Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.

Syafii, 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.

______, 2007. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.

______, 2010. Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran (diunduh pada 14 Januari 2013, jam 16.13 WIB).

http://feegeeny.bolgdetik.com (diunduh pada 20 Juni 2013, jam 19.00 WIB).

http://komengpoenya.blogspot.com (diunduh pada 20 Juni 2013, jam 20.30 WIB).