Abstract
Untuk mencapai tujuan belajar gambar bentuk, aspek perencanaan dan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran harus dilakukan ke tingkat maksimal sehingga hasil belajar dapat dicapai secara efektif . Guru dapat menggunakan gambar bentuk sebagai bahan ajar di indoor dan outdoor untuk mencapai tujuan pembelajaran . Kasus penelitian ini adalah: ( 1 ) proses pembelajaran indoor dan outdoor di kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga , ( 2 ) hasil indoor dan outdoor bentuk gambar , ( 3 ) perbedaan efektivitas indoor dan outdoor pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Purbalingga , sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yang kelas VII C untuk belajar dalam ruangan sementara kelas VII G untuk belajar di luar ruangan . tekhnik pengumpulan data adalah observasi yang didukung oleh wawancara , kuesioner dan dokumentasi . Kalimat berikut adalah hasil dari penelitian ini . Pertama , penerapan bentuk gambar pembelajaran di dalam dan luar ruangan dibagi menjadi tiga tingkat aktivitas , perencanaan kegiatan , pelaksanaan kegiatan dan aktivitas evaluasi.
In order to achieve the learning objectives form images , aspects of planning and implementation and evaluation of learning should be done to the fullest so that learning outcomes can be achieved effectively . Teachers can use the images as a form of teaching materials in the indoor and outdoor learning to achieve the goal . Case study are : ( 1 ) indoor and outdoor learning in class VII SMP Negeri 1 Apex Purbalingga , ( 2 ) the results of indoor and outdoor form of images, ( 3) the effectiveness of indoor and outdoor learning . This research uses descriptive quantitative and qualitative methods . The population in this study were all students of class VII SMP Negeri 1 Apex Purbalingga , the sample of this study was 2 class C to class VII in the room while studying in class VII G for outdoor learning . techniques of data collection is supported by the observation that interviews , questionnaires and documentation . The following sentence is the result of this study . First , the application of learning in the form of images of indoor and outdoor activities are divided into three levels , activity planning , implementation and evaluation activities
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gulo, W. 2004. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartatik, Sri. 2002. Penempatan Strategi Kooperatif. Semarang: Edukasi.
Ismiyanto. 2003. Metode Penelitian. Handout Mata Kuliah Metode Penelitian. Jurusan Seni Rupa. Unnes.
________, PC. S. 2009. Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes
________, PC. S. 2010. Strategi Model Pembelajaran Seni. Semarang : FBS Unnes.
Koentjaraningrat.1985. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.
Moleong, L. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.
Muharrar, Syakir. 2003. Tinjauan Seni Ilustrasi Bahan Ajar Mata Kuliah Menggambar Ilustrasi. Jurusan Seni Rupa: Unnes.
________. 2009. Kajian Seni Rupa Anak. Jurusan Seni Rupa: FBS Unnes.
________dan Gunadi. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Outdoor Dalam Mata Kuliah Gambar Pada Jurusan Seni Rupa FBS Unnes dalam Imajinasi Jurnal Seni, Volume 6, No. 2. Semarang : Unnes.
________ dan Mujiono. Gambar 1. Semarang : FBS Unnes
Nisa, Khoirun dan M. Lutfil Hakim. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran Konsep Belajar dan Pembelajaran. http:/blog.uin-malang.ac.id/uchielblog/2011/ 04/07/ teori-belajar-dan-pembelajaran-konsep-belajar-dan-pembelajaran/ (19 jan.2012).
Pusat Bahasa Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Rohman, I. A. 2010. Panduan Menggambar Manusia Menggunakan Media Pensil. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Rohmadi,M. dan S. Subiyantoro. Bunga Rampai. Surakarta. Dalam Yuma Pustaka.2009
Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa I. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS Unnes Semarang : Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.
Sugandi, A. H. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT Unnes Press.
Sumaryanto, Totok. 2010. Metodologi Penelitian 2. Bahan ajar. Semarang: Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni Unnes, Kementrian Pendidikan Nasional.
Sunaryo, Aryo. 2006. Bahan Ajar Seni Rupa 1. Hand Out Jurusan Seni Rupa, FBS Unnes Semarang : Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.
Syafii, 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.
______, 2007. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.
______, 2010. Evaluasi Pembelajaran Seni Rupa. Semarang : FBS Unnes.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran (diunduh pada 14 Januari 2013, jam 16.13 WIB).
http://feegeeny.bolgdetik.com (diunduh pada 20 Juni 2013, jam 19.00 WIB).
http://komengpoenya.blogspot.com (diunduh pada 20 Juni 2013, jam 20.30 WIB).