PEMBELAJARAN MELUKIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 PATI TAHUN AJARAN 2010/2011
PDF

Keywords

learning
painting
creativity

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan proses pembelajaran melukis Kelas X di SMA Negeri 1 Pati, 2) Menguraikan hasil pembelajaran melukis di Kelas X SMA Negeri 1 Pati, serta 3) Menjelaskan determinan-determinan yang ada dalam pembelajaran melukis kelas X di SMA Negeri 1 Pati.  Pendekatan penelitian yang dipilih adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah proses pembelajaran melukis di kelas X SMA Negeri 1 Pati Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: Proses pembelajaran melukis Kelas X SMA Negeri 1 Pati dilaksanakan secara moving class, diikuti oleh para siswa dari tiga kelas sekaligus, sehingga ada tiga rombongan belajar setiap kegiatan pembelajaran. Guru memberikan kebebasan memilih tema dalam membuat lukisan. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran melukis adalah sebagian besar siswa menggunakan media kertas dan cat air dengan teknik plakat. Determinan yang ada dalam pembelajaran melukis adalah siswa dapat memilih pembelajaran seni yang diinginkannya di antara tiga pilihan, yaitu seni drama, seni musik, dan seni rupa, sehingga siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing.

 

The purpose of this study is: 1) Explain the process of learning to paint in class X SMA Negeri 1 Pati, 2) Describe the results of learning to paint in class X SMA Negeri 1 Pati, and 3) Describe the determinants that exist in teaching painting classes at high school X Negeri 1 Pati. The selected research approach is qualitative descriptive. Subjects were learning to paint in class X SMA Negeri 1 Pati results showed the following results: The process of learning to paint class X SMA Negeri 1 Pati implemented moving class, followed by students from three classes at once, so there are three study groups each activity learning. The teacher gives the freedom to choose the theme in painting. The results of the study paint is most students use media and watercolor paper with a plaque technique. Determinant is in learning to paint is learning the art students can choose the desired among three options, namely art, drama, music, and visual arts, so that students can develop their talents and interests of each.

https://doi.org/10.15294/eduart.v2i1.2460
PDF

References

Anni, Catharina Tri dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Garha, Oho. 1980. Pendidikan Kesenian Seni Rupa Program Spesialisai I untuk SPG. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

http://file.upi.edu/browse.php?dir=Direktori/FPBS/JUR._PEND._SENI_RUPA/197206131999031-BANDI_SOBANDI/

Ibrahim dan Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Moeloeng, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

P.C. Ismiyanto dkk. 1998. Ekspresi Gambar Anak-anak SD: Studi Kasus di Daerah Pedesaan DT. II Kabupaten Semarang. Laporan Penelitian. FBS: IKIP UNNES.

Riduwan. 2005. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugandi, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, Muhamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bumi Quraisy.

Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Hand Out Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

_____. 2006. Pembelajaran Seni Rupa. Karya Tulis Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarjo, Enday. 1990. Seni Rupa 3 untuk SMP Kelas III. Bandung: Djatnika.