Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini: dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran berkarya kolase dengan memanfaatkan barang limbah kain perca dan dapat digunakan sebagai bahan informasi mengenai pemanfaatan barang limbah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian hasil karya lukis siswa dengan pemanfaatan kain perca dengan teknik kolase, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pemanfaatan kain perca sebagai media berkarya seni lukis dengan teknik kolase pada kelas VIII D di SMP Negeri 5 Blora pada pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran menghasilkan berbagai karya lukis dengan teknik kolase yang menarik dan menunjukkan hasil yang cukup. Hasil evaluasi pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata dari dari 33 siswa mencapai 75,15 tergolong dalam kategori cukup. Hasil karya siswa dapat dikategorikan baik, cukup baik, dan kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari 8 siswa memperoleh nilai baik, 21 siswa memperoleh nilai cukup, dan 4 siswa memperoleh nilai kurang.
The purpose of this study was to determine the problem and decrypt. Benefits of this study: learning can be used as a reference in the collage work by utilizing waste patchwork items and can be used as material information regarding the utilization of waste. Method in this research is descriptive qualitative. Target research results with the use of student paintings patchwork with collage techniques, research subjects were students of class VIII D as many as 33 people. Data collection techniques by using observation, interviews, and documentation. Analysis of the data by means of data reduction, data display, and conclusion. Utilization of research results patchwork as working media painting with collage techniques in class VIII D in SMP Negeri 5 Blora on the implementation goes according to plan lessons that have been created by teachers. Implementation of learning produces a variety of painting with an interesting collage techniques and shows sufficient results. Evaluation of learning outcomes in the implementation of learning derived from the average value of the 33 students reached 75.15 classified in category pretty. Students' work can be categorized as good, quite good, and less. This can be seen from 8 students get good grades, 21 students received grades fairly, and 4 students get less.
References
Anni. C. 2010. Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bastomi, Suwaji. 2003. Kritik Seni. Bahan Ajar. Semarang: Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
Garha, Oho dan Md Idris. 1978. Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Haryanto. 2007. Media, Seni Rupa, Desain, dan Craft. Handout Mata Kuliah Media Seni Rupa. Jurusan Seni Rupa. UNNES.
Irawan, P. dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Bahan Ajar Program pengembangan Keterampilan Dasar Tehnik Instruksional untuk Dosen Muda. Jakarta. Universitas Terbuka.
Ismiyanto. 2003. Metode Penelitian. Handout Mata Kuliah Metode Penelitian Jurusan Seni Rupa. UNNES.
------ . 2009. Perencanaan pembelajaran Seni Rupa. Handout Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa. UNNES.
Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rasjoyo. 1996. Pendidikan Seni Rupa untuk SMU Kelas 1. Jakarta: Erlangga
Rondhi, Moh dan Anton Sumartono. 2002. Paparan Perkuliahan mahasiswa: Tinjauan Seni Rupa I. Semarang: Unnes Press.
Salam, Sofyan. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makasar: Universitas Negeri Makasar
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudarmaji. 1979. Seni Dan Permasalahannya. Yogyakarta: Sakudaryarso.
Sunaryo, Aryo. 2002. Paparan Perkuliahan Mahasiswa Nirmana 1. Semarang. Jurusan Seni Rupa Unnes.
------ . 2006. Bahan Ajar Seni Lukis 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Susanto, Mikke. 2002. Diksi Rupa Kumpulan Istilah seni Rupa. Yogyakarta: Kanisius.
Soebandi, B. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz.
Syafii. 2006. Konsep Pembelajaran Seni Rupa.Handout. Semarang: Jurusan Seni Rupa FBS Unnes.
Wena. 2009. Srategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
(http:www.e-dukasi.net/pengpop/pp) diunduh tanggal 18 November 2012 pukul 14.00 WIB.
http://qoyyim.blogspot.com diunduh tanggal 7 Januari 2013 pukul 10.00 WIB.
http://www.e-dukasi.net diunduh tanggal 11 Maret 2013 pukul 08.00 WIB.