PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KONSTRUKSI PERSPEKTIF DI KELAS XI IPA1 SMA NEGERI 2 PATI
PDF

Keywords

Learning
Drawing
Perspective

Abstract

Selain berguna bagi para arsitek, gambar konstruksi perspektif dapat pula dipelajari siswa SMA dan bermanfaat sebagai bekal menyongsong pendidikan tinggi maupun sebelum me-masuki dunia rancang bangun sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evalu-asi pembelajaran, dan (4) hasil belajar menggambar perspektif di kelas XI IPA1 SMA N 2 Pati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pedekatan deskripsi kualitatif. Pen-gumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Perencanaan pembelaja-ran menggambar konstruksi perspektif di kelas XI IPA1 SMA N 2 Pati dilaksanakan oleh guru melalui penyusunan perangkat pembelajaran mulai dari silabus hingga RPP dengan tidak lupa mempertimbangkan desain instruksional. Pelaksanaan pembelajaran menggambar konstruksi perspektif di kelas XI IPA1 berjalan secara intensif selama enam kali pertemuan melalui pen-gorganisasian materi yang dilaksanakan secara runtut dan sistematis sebagaimana rancangan dalam RPP. Evaluasi pembelajaran menggambar konstruksi perspektif di kelas XI IPA1 Pati yang dilaksanakan selama proses hingga pembelajaran selesai telah mampu memberikan gam-baran mengenai keberhasilan siswa kelas XI IPA1 dalam mencapai tujuan instruksional. Hasil pembelajaran menggambar konstruksi perspektif siswa kelas XI IPA1 ditunjukkan melalui perolehan nilai hasil evaluasi formatif dan sumatif yang telah mencapai KKM menunjuk-kan bahwa siswa kelas XIPA1 telah mampu mencapai tujuan instruksional sebagaimana yang telah dirumuskan dalam RPP dengan baik.

 

Besides useful for architects, construction of perspective drawings can also be studied high school students and useful as a preparation to meet the higher education and before entering the real world of engineering. This study aims to describe and analyze (1) lesson planning, (2) the implementation of learning, (3) eva-luation of learning, and (4) the results of training with the perspective of high school in class XI IPA1 N 2 Starch. The approach used in research is a qualitative description pedekatan. Data was collected through observation techniques, interviews and documentation. Data analysis was performed through data reduc-tion, data presentation, and verification. Construction drawing lesson planning perspectives in class XI IPA1 SMA N 2 Starch carried out by the teacher through the preparation of the syllabus of learning from the lesson plans do not forget to consider the instructional design. Learning to draw implementation constructs in class XI perspective IPA1 run intensively for six sessions through organizing material cohe-rently and systematically implemented as the design of the RPP. Evaluation of learning in the classroom perspective construction drawing XI IPA1 Pati undertaken during the learning process until completion has been able to provide a picture of the success of XI graders IPA1 in achieving instructional objectives. Learning outcomes perspective construction drawing class XI students IPA1 demonstrated through the acquisition value of formative and summative evaluation results have shown that students achieve grade KKM XIPA1 been able to achieve instructional objectives have been formulated as well in the RPP.

https://doi.org/10.15294/eduart.v1i1.313
PDF

References

Djamarah, B. Syaiful dan Aswan Zain.1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Giesecke, Frederick E. 2001. Gambar Teknik 2. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rossda Karya.

Muhaimin dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Suparman, Alwi dan Purwanto. 1997. Analisis Pembelajaran. Jakarta: Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Suparyono, Yohannes. 1981. Konstruksi Perspektif. Yogyakarta:Penerbitan Yayasan Kanisius.

Syafii. 2002. Proyeksi Perspektif 1 Paparan perkuliahan Mahasiswa. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

-------.2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Bahan ajar tertulis. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni