PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI VINYET DENGAN TEMA POTENSI LAUT PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 3 SEMARANG

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan bentuk pembelajaran menggambar ilustrasi vinyet dengan tema potensi laut pada siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Semarang, 2) Mendeskripsikan hasil karya gambar ilustasi vinyet dengan tema potensi laut pada siswa Kelas VIII F SMP Negeri 3 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pengamatan terkendali melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) bentuk pembelajaran menggambar ilustrasi vinyet dengan tema potensi laut Kelas VIII F memiliki tujuan agar siswa dapat menggambar ilustrasi vinyet dengan tema potensi laut dengan menunjukkan intelektualitas, kreativitas dan estetika visual dalam karyanya. Materi pembelajaran meliputi pemilihan tema potensi laut, kreativitas dan estetika gambar ilustrasi vinyet. Metode pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan dengan media contoh gambar ilustrasi vinyet dan handout materi. Pembelajaran dilakukan dalam dua kali pertemuan melalui langkah eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan evaluasi tes keterampilan, (2) hasil karya gambar pada terkendali 1 dan 2 berjumlah 62 karya, menunjukkan perbedaan antara satu dengan yang lain dari kategori kesesuaian tema, komposisi, ornamentasi dan kualitas garis. Nilai rata-rata karya terkendali 1 adalah 81,5 termasuk kategori baik dan terkendali 2 adalah 84,1 termasuk kategori baik. Data tersebut menunjukkan bahwa hasil karya siswa menunjukkan perubahan yang baik. Saran yang dapat diajukan adalah siswa perlu lebih mengeksplorasi tema potensi laut dan guru perlu mengotimalkan demonstrasi proses berkarya.

https://doi.org/10.15294/eduart.v7i1.34969
pdf