Abstract
Penelitian dilakukan di Sekolah Alam Auliya Kendal dari siswa Kelas Satu sampai Kelas Enam. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik gambar karya siswa berdasarkan periodisasi, tipologi dan bentuk ungkapan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar gambar yang dihasilkan oleh siswa Sekolah Alam Auliya Kendal menunjukkan tahap bagan. Karakteristik gambar siswa berdasarkan tipologi sebagian besar menampilkan gambar bertipe campuran. Karakteristik gambar siswa berdasarkan bentuk ungkapan, sebagian besar karya siswa di Sekolah Alam Auliya Kendal menunjukkan bentuk ungkapan stereotype (pengulangan). Beberapa saran yang dapat dikemukakan adalah diadakan ekstrakurkuler, mengajak siswa untuk mengikuti lomba, dan pemenuhan sarana prasarana seperti membuat majalah dinding untuk menunjang hasil karya siswa.