Abstract
Penelitian skripsi ini mengkaji masalah: (1) Bagaimana penerapan metode gallery walk learning pada pembelajaran apresiasi karya seni rupa terapan Nusantara, (2) Bagaimana hasil belajar apresiasi karya seni rupa terapan Nusantara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Semarang setelah implementasi metode gallery walk learning. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan, menganalisis, dan mengidentifikasi permasalahan tersebut. Secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasai, dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang pertama, pembelajaran apresiasi karya seni rupa terapan Nusantara dengan metode gallery walk learning dilakukan melalui enam tahapan, yaitu (1) menentukan tema karya seni rupa terapan Nusantara dan menampilkan pertanyaan pada selembar kertas, (2 ) membagi kelompok dan menentukan karya yang diapresiasi, (3) siswa melakukan kegiatan diskusi kelompok selama 25-30 menit, (4) berputar dari stand satu ke stand lainnya, (5) presentasi masing-masing kelompok dan, (6) penarikan kesimpulan dan klarifikasi. Kedua, pembelajaran apresiasi karya seni rupa terapan Nusantara dengan metode gallery walk learning pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan hasil nilai peningkatan rata-rata. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada pengamatan terkendali 1 mencapai 63 dalam kategori cukup belum tuntas dan pada pengamatan terkendali 2 menunjukkan peningkatan pada hasil nilai rata-rata senilai 78 dalam kategori baik tuntas. Saran yang direkomendasikan meliputi penggunaan metode yang variatif dapat mendukung kegiatan belajar dan memotivasi siswa, oleh karena itu untuk mendukung siswa agar lebih aktif dan inovatif khususnya dalam pembelajaran seni rupa, guru dapat menerapkan metode gallery walk learning untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan disesuaikan kondisi kelas, waktu dan karakteristik subjek belajar agar memperoleh hasil yang maksimal.