Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan model pembelajaran menghias gerabah dengan media cat akrilik pada siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga; (2) menganalisis hasil karya menghias gerabah dengan media cat akrilik pada siswa kelas VII A di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan pengamatan terkendali. Prosedur penelitian yang diterapkan meliputi; (1) survei pendahuluan ke sekolah, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) pengamatan terkendali 1, (4) evaluasi dan rekomendasi, (5) pengamatan terkendali 2, dan (6) evaluasi dan rekomendasi atau hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, dokumentasi foto, angket serta tes penugasan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi dengan dudungan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut: pertama, menemukan model pembelajaran yang efektif untuk menghias gerabah dengan media cat akrilik pada pengamatan terkendali 1 dan 2; kedua, mengetahui hasil karya siswa dalam menghias gerabah dengan media cat pastel yang dianalisis dengan menggunakan aspek tema, kreativitas motif ragam hias, estetika bentuk dan teknik.