PEMANFAATAN TUMBUHAN KERING SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI RUPA DALAM PEMBELAJARAN SENI PATUNG PADA SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 4 UNGARAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah : (1) pertimbangan pemilihan bahan alami sebagai media berkarya di SMP Negeri 4 Ungaran; (2) proses pembelajaran berkarya seni rupa dengan pokok bahasan berkarya seni patung menggunakan tumbuhan kering; (3) bentuk-bentuk hasil karya seni patung siswa SMP Negeri 4 Ungaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di SMP Negeri 4 Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dilakukan melalui langkahlangkah reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMP Negeri 4 Ungaran menujukkan sebagai berikut. Pertama, pertimbagan pemilihan bahan alami sebagai media berkarya sangat kreatif dan diterapkan dalam pembelajaran seni patung membuat siswa mendapat pengalaman baru dalam berkarya seni patung berbahan tumbuhan kering. Kedua proses pembelajaran seni patung, siswa sangat senang dan antusias, Ketiga hasil karya siswa yang indah, unik dan imajinatif. Kemudian faktor guru yang bukan lulusan dari pendidikan seni rupa harus banyak belajar untuk menambah wawasan khususnya di bidang seni rupa. Berdasarkan penelitian, saran yang diusulkan kepala sekolah perlu membuat kebijakan untuk menyediakan studio khusus pembelajaran berkarya seni rupa dan memperluas sumber belajar tentang seni rupa yang beragam dan guru mengusai bahan ajar akan disampaikan serta siswa perlu meningkatkan keberanian dalam mencoba media berkarya baru sehingga pengalaman dalam berimajinasi dan berkreasi seni rupa dapat meningkat dan menghasilkan karya yang unik dan memiliki nilai estetis yang tinggi.

https://doi.org/10.15294/eduart.v7i2.34980
pdf