PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI BATIK BERBASIS POTENSI LOKAL DI SMP N 3 LASEM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan: (1) proses pembelajaran ekstrakurikuler seni batik berbasis potensi lokal pada siswa SMP N 3 Lasem, (2) produk pembelajaran ekstrakurikuler seni batik siswa SMP N 3 Lasem, (3) determinan pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Lasem, dengan subjek 23 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni batik dan narasumber guru ekstrakurikuler seni batik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem berupa kegiatan siswa dalam membuat pola dan nyanthing. Sekolah bekerja sama dengan perajin batik, membuat proyek seragam batik sebagai identitas melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, produk pembelajaran ekstrakurikuler seni batik berupa hasil canthingan siswa dengan desain motif “durian Criwik†yang merupakan potensi lokal daerah dan “pohon bambu†yang memiliki banyak filosofi kehidupan. Selain itu terdapat desain gambar motif batik dari siswa kelas VII yang menggunakan aspek ide berupa potensi lokal daerah, kelengkapan unsur motif batik, dan estetika visual. Ketiga, determinan pembelajaran ekstrakurikuler seni batik di SMP N 3 Lasem meliputi sarana dan prasarana, tenaga profesional, kemampuan siswa, minat siswa dan kehadiran siswa.

https://doi.org/10.15294/eduart.v8i2.35123
pdf