IMPLEMENTASI DAN HASIL KREATIVITAS PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DI TK AL-FALAQ KELURAHAN PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG

Abstract

Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakteristik guru dan anak di TK AL-FALAQ Pudak Payung? (2) Bagaimana implementasi pembelajaran menggambar yang dilakukan di TK AL-FALAQ Pudak Payung? (3)Bagaimana hasil pembelajaran kreativitas menggambar di TK AL-FALAQ Pudak Payung? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di TK Al-Falaq Kelurahan Pudak Payung Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perilaku sebagai berikut. Pertama, karakteristik guru di TK Al-Falaq menujukkan perilaku guru yang kurang kreatif. Hal tersebut terlihat dari cara guru memberikan contoh gambar sebagai media pembelajaran yang kurang tepat. Kedua, implementasi pembelajaran menggambar di TK Al-Falaq berjalan sesuai dengan 34sistem belajar sambil bermain. Anak-anak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan antusias dan menyenangkan. Ketiga, hasil analisis kreativitas diketahui bahwa banyak hasil gambar anak yang menunjukkan kreativitas yang masih belum sempurna dilihat dari objek yang kurang beragam. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, di TK Al-Falaq, kreativitas anak masih kurang dalam menggambar sehingga diharapkan tenaga pengajar menambah ilmu pengetahuannya mengenai hal-hal yang mendukung perkembangan kreativitas anak didik khususnya mengenai kegiatan menggambar.

https://doi.org/10.15294/eduart.v8i2.35125
pdf