Abstract
Masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana proses pembelajaran menciptakan karakter tokoh film animasi dua dimensi siswa Kelas XI Animasi di SMK N 11 Semarang?, bagaimana karakter tokoh film animasi dua dimensi karya siswa Kelas XI Animasi di SMK N 11 Semarang?, dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran menciptakan karakter tokoh film animasi dua dimensi siswa Kelas XI Animasi di SMK N 11 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan, menganalisis mengidentifikasi permasalahan tersebut. Untuk mengkaji naskah ini, secara metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, proses pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu membuat rancangan, membuat sketsa gambar karakter, menyalin sketsa gambar karakter, dan pewarnaan gambar karakter. Kedua, proses pembelajaran menciptakan karakter tokoh animasi dua dimensi menunjukkan hasil nilai rata-rata cukup. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada penilaian yang dilakukan oleh tiga penilai dan terbagi menjadi empat kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang. Ketiga, faktor yang mendukung adalah antusias siswa dalam membuat karakter, kemampuan siswa yang rata-rata cukup baik, pengetahuan luas, dan motivasi dalam berkarya. Faktor penghambat sarana prasarana kurang memadai, ketidakcocokan antara anggota kelompok saat diskusi, dan kurangnya wawasan pada siswa saat berkarya.