POTENSI KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN BERKREASI MENGGAMBAR KARIKATUR DENGAN TEKNIK MONTASE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan potensi kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang dalam pembelajaran berkreasi menggambar karikatur dengan teknik montase. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul dideskripsikan. Analisis data yang dilakukan melalui empat tahap, yakni (a) pengumpulan data, (b) reduksi data, (c) sajian data, dan (d) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Semarang memiliki potensi kreatif dalam bidang kesenian khususnya di bidang seni rupa. Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang telah mampu menggambar dengan baik dan mampu mengeksplorasi ide kreasinya dan dituangkan dalam hasil karya gambar karikatur dengan teknik montase.

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i1.38230
pdf