RESPONS MOTORIK SISWA TUNAGRAHITA MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR DAN MELUKIS DI SLB NEGERI KOTA TEGAL

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab permasalahan yang berkenaan; (1) proses berkarya seni gambar dan seni lukis siswa tunagrahita SMALB-C di SLB Negeri Kota Tegal; (2) hasil karya dalam aktivitas menggambar dan melukis siswa tunagrahita SMALB-C di SLB Negeri Kota Tegal; (3) respons motorik dalam berkarya seni gambar dan lukis siswa tunagrahita SMALB-C di SLB Negeri Kota Tegal. Secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Tegal. Analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons motorik siswa tunagrahita cenderung kurang stabil dengan melihat wujud karya berupa coretan dan garis yang kurang simetris dengan unsur dan prinsip yang tidak dimengerti oleh setiap siswa tunagrahita tersebut. Saran yang dapat dikemukakan adalah supaya para pendidik selalu memperhatikan siswa-siswi dalam melakukan suatu kreativitas dalam berkarya seni seperti berkarya seni menggambar dan melukis maupun lainnya dan hal tersebut berkaitan dengan para pendidik yang bisa melatih siswa-siswinya dalam berkarya menggunakan berbagai alat seni agar otot-otot jari tangan siswa terlatih.

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i1.38236
pdf