IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA DI KELAS VII A SMP AGUS SALIM

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu bagian dari strategi guru untuk membangkitkan kreativitas siswa. Implementasi model pembelajaran yang tepat berpeluang mengoptimalkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa sehingga pengetahuan yang dimiliki lebih bermakna dalam kehidupan siswa. Tujuan
penelitian ini adalah mengkaji implementasi model pembelajaran kontekstual dan mendeskripsikan hasil karya siswa dalam menggambar ragam hias flora di kelas VII A SMP Agus Salim Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan implementasi model pembelajaran kontekstual dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan penutup. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan 5 langkah pembelajaran kontesktual yaitu (1) Mengkaitkan, (2) Mengalami, (3) Menerapkan, (4) Kerjasama dan (5) Memindahkan. Hasil pembelajaran menggambar ragam hias flora menghasilkan 32 karya. Berdasarkan aspek ide/gagasan dalam menggambar ragam hias flora, siswa kelas VII A SMP Agus Salim Semarang lebih banyak yang memilih bentuk daun
sebagai ide menggambar ragam hias flora dengan persentase 37,5%. Aspek penguasaan teknik didominasi oleh siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori sangat rapi yaitu sebesar 37,5%. Berdasarkan estetika visual siswa kelas VII A SMP Agus Salim sudah termasuk kategori baik dalam menggambar ragam hias flora dengan persentase 53,12 %. 

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i2.38513
pdf