Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas lembar kerja siswa (LKS) sebagai media pembelajaran apresiasi motif batik Demak bagi siswa kelas V SD Negeri Undaan Kidul 2 Demak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasilnya, rata-rata nilai tes siswa pada kondisi awal sebesar 63,76 meningkat menjadi 77,07 pada pengamatan terfokus I, dan meningkat lagi menjadi 84,3 pada pengamatan terfokus II. Adapun besarnya peningkatan dari kondisi awal ke pengamatan terfokus I sebesar 13,31 atau 20,87 %, dari pengamatan terfokus I ke pengamatan terfokus II sebesar 7,23 atau 9,38 %, dan dari kondisi awal ke pengamatan terfokus II sebesar 20,54 atau 32,21%. Â Saran yang dapat diajukan adalah (1) Guru hendaknya menggunakan lembar kerja siswa (LKS) sebagai alternatif pilihan untuk memberikan variasi dalam pembelajaran apresiasi pada siswa, dan diharapkan guru menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dalam proses pembelajaran SBK, khususnya pada kegiatan mengapresiasi karya seni rupa, dan (2) bagi peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi ketika terjun menjadi pendidik atau guru nantinya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kreativitas dalam proses belajar mengajar.
References
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Pengamatan terfokus Kelas. Bandung: CV Wacana Prima
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas
Garha, Oho, dan Idris. 1980. Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Rora Karya Offset
http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=202639239833414&id=202613023169369 (diunduh pada tanggal 19/01/2013)
Ismiyanto, PC.S. 2003. Metode Penelitian. Buku Ajar UNNES
Maleong, Lexy J.2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Rahma. 2012. http://produsenbatik.com/batik-demak-kaya-akan-filosofi.html (diunduh pada tanggal 19/01/2013)
Sobandi, Bandi. 2008. Kritik Karya Seni Rupa. http://file.upi.edu/(diunduh pada 19/01/2013)
Soedarso, Sp. 2006. Trilogi Seni: Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni.http://file.upi.edu/(diunduh pada 04/02/2013)
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suhadi. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sunaryo, Aryo. 2006. Ornamen Nusantara. Semarang: Program