PEMBELAJARAN RAGAM HIAS MENGGUNAKAN TEKNIK PAPERCUT PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 SEMARANG

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih minimnya upaya pengembangan media berkarya di SMP N 1 Semarang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran seni rupa dan meningkatkan kreativitas dalam berekspresi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP Negeri 1Semarang dan menjelaskan hasil karya pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP N 1 Semarang. Metode penelitian adalah eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pengamatan terkendali, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ragam hias menggunakan teknik papercut pada kelas VII F SMP N 1 Semarang dapat terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu pendahuluan, inti, serta penutup. Pembelajaran telah berhasil meningkatkan kompetensi dasar siswa dalam berkarya ragam hias dengan teknik papercut. Hal yang sangat perlu dilakukan oleh peneliti dalam proses kegiatan berkarya adalah perlunya contoh, prosedur, serta bimbingan berkarya bagi siswa oleh seorang guru. Hasil bukti kompetensi dasar siswa yang telah tercapai adalah dihasilkannya sebanyak 34 karya ragam hias menggunakan teknik papercut dengan nilai hasil evaluasi rata-rata 81 atau berkategori baik.

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i3.40499
pdf