PEMBELAJARAN RAGAM HIAS FLORA PADA BAHAN TEKSTIL TOTEBAG SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 14 SEMARANG

Abstract

Pembelajaran ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag pada saat ini masih sangat jarang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Semarang, (2) Menganalisis hasil kreasi karya ragam hias flora pada bahan tekstil Totebag yang dihasilkan siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data melalui teknik triangulasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal sebagai berikut. Pertama, proses pelaksanaan pembelajaran pembuatan ragam hias flora dengan bahan tekstil Totebag yang dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 14 Semarang berlangsung melalui rangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dalam empat kali pertemuan. Secara normatif guru melaksanakan proses pembelajaran seperti biasa antara lain melalui tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Keseluruhan karya siswa dapat dilihat berdasarkan beberapa kategori antara lain: sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Berdasarkan kategori itu dapat diketahui peningkatan persentase dari tahap ke 1 menuju tahap ke 2 ada peningkatan pada pengamatan ke 2 yaitu kategori sangat baik dari 13% menjadi 16%, kategori baik dari 25% menjadi 37%, kategori cukup masih tetap 34%, dan kategori kurang mengalami penurunan dari 28% menjadi 13%. Berdasarkan kategori itu gambar yang dikatakan sangat bagus jika memenuhi kaidah menggambar ragam hias, kekayaan perbendaharaan gambar, warna yang variatif, dan kelancaran dalam kegarisan.

https://doi.org/10.15294/eduarts.v9i3.40510
pdf