PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS PADA MATA PELAJARAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 02 ADIWERNA TEGAL
PDF

Keywords

Learning
Graphic Design

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui alasan pembelajaran Desain Grafis di SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal bagian dari mata pelajaran Multimedia. Mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan pembelajaran Desain Grafis pada mata pelajaran Multimedia di SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal. Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Desain Grafis pada mata pelajaran Multimedia di SMK Negeri 2 Adiwerna Tegal. . Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan cara pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data pada penelitian skripsi ini dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan. Hasil karya siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Adiwerna dalam pembelajaran desain pada tabel penilaian yang didapat menunjukan nilai baik. Namun tugas kartu nama dan PIN telah dinilai oleh guru desain grafis sendiri dengan KKM 75 dan penilaian menunjukan (rata-rata 80-85) nilai baik. Meski demikian, pembelajaran desain grafis yang berlangsung belum mencapai tujuan pembelajaran.
https://doi.org/10.15294/eduart.v3i1.4052
PDF

References

Anni, Catharina T. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Ariani, Niken., dan Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Bakker, J. W. M. 1984. Filsafat Kebudayaan Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.

Dakir, H. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dania, Anna. 2008. “Desain Cover Buku-Buku Legenda di Kabupaten Wonosobo dengan Media Komputer Grafisâ€. Laporan Tugas Akhir.

Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Dharna. 2009. Kaitan Antara Program Desain Grafis. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Effendy, Heru. 2002. Mari Membuat Film, Panduan Menjadi Produser. Jakarta: Pustaka Konfiden.

Hakim, Rustam dan Eka. 2006. Komunikasi Grafis Arsitektur & Lansekap. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ismiyanto. 2003. “Metode Penelitianâ€. Bahan Ajar Tertulis. Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

------------. 2008. “Kurikulum dan Buku Teks Seni Rupaâ€. Handout.

Semarang: Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Javandalasta, Panca. 2011. 5 Hari Bikin Film. Surabaya: MUMTAZ Media.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong, L. J. 2007. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.