PEMBELAJARAN SENI KRIYA BAMBU HIAS PADA SISWA KELAS VII A SMP N 1 WADASLINTANG KABUPATEN WONOSOBO
PDF

Keywords

earning
Art Craft
Ornamental bamboo

Abstract

Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis masalah proses pembelajaran, hasil karya, serta faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran seni kriya bambu hias pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Wadaslintang berjalan dengan baik dan lancar. Kedua, hasil karya seni kriya bambu hias siswa kelas VII A dapat dilihat melalui 3 kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 2 siswa, kriteria baik sebanyak 20 siswa, dan kriteria cukup sebanyak 4 siswa. Ketiga, faktor pendukung berasal dari pihak instansi sekolah, guru seni rupa kelas VII dan siswa kelas VII A, sedangkan pada faktor penghambat bersumber dari bahan bambu yang terlalu keras, penguasaan teknik dan alat serta jam pembelajaran yang terbatas.

 

https://doi.org/10.15294/eduart.v3i1.4056
PDF

References

Anselm, Strauss & Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bastomi, Suwaji. 1986. Seni Kria Apresiasi dan Perkembangannya. Semarang: IKIP

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara

Haryanto, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS

Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Unversity.

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hadi, S. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset

Nawawi, Hadari.1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Cet. III, Jakarta: CV HJI Masa Agung

Moleong, Lexy. J 2005. Metodologi Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yudoseputro, Wiyoso. 1993. Pengantar Wawasan Seni Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan