Abstract
Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis masalah proses pembelajaran, hasil karya, serta faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran seni kriya bambu hias pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Wadaslintang berjalan dengan baik dan lancar. Kedua, hasil karya seni kriya bambu hias siswa kelas VII A dapat dilihat melalui 3 kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 2 siswa, kriteria baik sebanyak 20 siswa, dan kriteria cukup sebanyak 4 siswa. Ketiga, faktor pendukung berasal dari pihak instansi sekolah, guru seni rupa kelas VII dan siswa kelas VII A, sedangkan pada faktor penghambat bersumber dari bahan bambu yang terlalu keras, penguasaan teknik dan alat serta jam pembelajaran yang terbatas.
Â
References
Anselm, Strauss & Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bastomi, Suwaji. 1986. Seni Kria Apresiasi dan Perkembangannya. Semarang: IKIP
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara
Haryanto, Achmad. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES PRESS
Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya: Unesa Unversity.
Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hadi, S. 1995. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset
Nawawi, Hadari.1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Cet. III, Jakarta: CV HJI Masa Agung
Moleong, Lexy. J 2005. Metodologi Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Yudoseputro, Wiyoso. 1993. Pengantar Wawasan Seni Budaya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan