Abstract
Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin pesat mendorong kebutuhan masyarakat akan informasi mudah diakses setiap saat dengan cepat, salah satunya melalui poster digital. Di era digital, poster tidak harus dicetak terlebih dahulu untuk dipublikasikan, tetapi dapat dipublikasikan dalam bentuk digital melalui media sosial atau sejenisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui ide berkarya poster digital (2) Mendeskripsikan estetika visual dalam poster digital (3) Mengetahui isi pesan poster digital dan (4) Menjelaskan kelebihan dan kekurangan poster digital karya siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 3 Demak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ide berkarya poster digital dikembangkan sesuai ketentuan tema poster, berdasarkan klasifikasi unsur poster, dari unsur ilustrasi, ilustrasi kesenian mendominasi dengan persentase 77,14%. selanjutnya ilustrasi sistem peralatan hidup dan teknologi 20% dan ilustrasi sistem religi 2,9%, sedangkan dari unsur tipografi seluruh siswa mampu mengembangkan unsur tipografi dengan baik. (2) Estetika visual poster digital dideskripsikan berdasarkan unsur dan prinsip desain poster yang diterapkan dalam berkarya, unsur ilustrasi poster diklasifikasikan menjadi 7 jenis ilustrasi, meliputi : ilustrasi senjata, rumah adat, pakaian adat, upacara keagamaan, kesenian tari, seni musik, dan seni rupa/kerajinan, sedangkan unsur tipografi terbagi menjadi 3 bahasa dengan berbagai jenis tipografi, sementara itu, prinsip desain yang diterapkan meliputi : kesatuan, keseimbangan, irama, kontras, pusat perhatian, dan proporsi. (3) Isi pesan yang disampaikan siswa melalui karya poster digital memiliki titik persamaan yakni himbauan kepada pembaca untuk ikut bersama-sama dalam menjaga dan melestarikan hasil kebudayaan bangsa Indonesia (4) Kelebihan dan kekurangan poster digital dinilai berdasarkan 5 aspek yaitu: pengembangan tema, estetika visual, komunikasi, kreativitas, dan penguasaan teknis.