PEMANFAATAN FILM SUMPAH PEMUDA SEBAGAI STIMULUS KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI BAGI SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 SEMARANG

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran seni rupa khususnya menggambar ilustrasi di SMP Negeri 1 Semarang menggunakan media konvensional seperti papan tulis dan buku pelajaran. Hal tersebut membuat peserta didik merasa bosan, kurang antusias, dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran kurang diraih secara optimal. Inovasi penggunan media berupa film sumpah pemuda diharapkan dapat menstimulus kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui proses berkarya ilustrasi siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Semarang dengan pemanfaatan film Sumpah Pemuda sebagai media stimulus kreativitas dan mengetahui hasil gambari lustrasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, proses pembelajaran menggambar ilustrasi dengan pemanfaatan film Sumpah Pemuda sebagai stimulus kreativitas bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Semarang dapat terlaksana berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, pembelajaran menghasilkan 32 karya ilustrasi dengan rata-ratanilai 82 (berkategori baik) dengan rincian 10 siswa atau 31,25% yang lebih memilih meniru internet dan 22 siswa atau 68,75% yang menggunakan daya imajinasinya dalam proses kreatif menggambar.

pdf