Abstract
Penerapan pembelajaran di luar kelas merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar ruangan atau tempat lapang (alam). Sehubungan dengan hal ini Suherdiyanto (2014) menyatakan pembelajaran outdoor merupakan salah satu jalan bagaimana meningkatkan kapasitas siswa dalam belajar, yang mana siswa dapat belajar lebih dari objek-objek yang ada di luar kelas. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan di luar kelas adalah pelajaran seni budaya. Masalah penelitian meliputi (1) bagaimana proses pembeajaran lukis teknik aquarelle dengan menggunakan metode study outdoor class pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Ketanggungan; (2) bagaimana hasil karya siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Ketanggungan dari penggunaan metode study outdoor class dalam melukis teknik aquarelle. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan hasil dari proses pembelajaran di luar kelas dan hasil karya siswa kelas XII IPA 2 dalam melukis teknik aquarelle. Hasil penelitian ini adalah: yang pertama Kegiatan dilakukan dalam dua pertemuan meliputi (1) penjelasan mengenai pengertian lukis teknik aquarelle, karakteristiknya, sampai cara atau prosedur berkarya seni lukis teknik aquarelle, serta siswa praktik langsung berkarya seni lukis menggunakan teknik aquarelle, (2) evaluasi hasil dari karya seni lukis yang telah dibuat siswa kelas XII IPA 2. Dan yang kedua siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Ketangungan masih mengalami kesulitan dalam melukis teknik aquarelle dan jika dilihat dari hasil karyanya.