IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK BERBASIS APLIKASI ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANTARBOLANG KELAS X MIPA 1 SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2020/2021

Abstract

Implementasi pembelajaran model jarak jauh secara serempak telah dilaksanakan di seluruh Indonesia setelah masuknya virus varian baru mematikan yang masuk mulai Maret 2020 yang merupakan tantangan baru bagi lembaga pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah proses dan hasil implementasi pembelajaran gambar bentuk berbasis aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada siswa/i SMA Negeri 1 Bantarbolang Kelas X MIPA 1 Semester Gasal Tahun Ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dengan jenis observasi partisipan terkendali dan didukung dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pembelajaran gambar bentuk kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bantarbolang menggunakan kurikulum 2013 dengan alokasi 2x jam pembelajaran per 45 menit dengan model pembelajaran jarak jauh serta media pembelajaran aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom yang dibantu juga oleh fitur aplikasi Whatsapp Group dengan model dan metode yang digunakan adalah model pembelajaran Discovery Based Learning dan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab secara daring. Implementasi pembelajaran gambar bentuk dilaksanakan meliputi tiga tahapan, yaitu: kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. Kedua, hasil implementasi pembelajaran gambar bentuk berupa karya gambar bentuk siswa/i kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Bantarbolang yang dibagi menjadi: (1) patokan nilai karya 86-100 dikelompokkan ke kategori gambar sangat bagus yang ada 7 orang siswa/i dengan persentase 20%, untuk nilai karya 76-85 dikelompokkan ke kategori gambar bagus dengan 17 orang siswa/i dan persentasenya 48,6% ,untuk nilai karya kurang sama dengan 75 dikelompokkan ke kategori gambar kurang dengan 11 orang siswa/i dan persentasenya 31,4%; (2) model gambar bentuk yang digunakan mayoritas menggunakan model tumbuhan dengan persentase 62,9%, model hewan dengan persentase 17,1%, model geometris dengan persentase 14,3%, serta model figur dengan persentase 5,7%.

pdf