Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa tempat kursus menggambar harus tutup aktivitas karena kendala proses pembelajaran. Namun menariknya, Global Art tetap aktif melayani peserta didik yang haus ilmu dengan menyediakan pembelajaran jarak jauh melalui online yang materinya dapat diakses langsung melalui youtube dan aplikasi Global Art Word oleh siswa yang mengikuti kursus menggambar di Global Art. Masalah penelitian meliputi (1) bagaimanakah proses pembelajaran menggambar di kelas basic Global Art Semarang pada masa pandemi Covid-19; (2) bagaimanakah hasil pembelajaran menggambar di kelas basic Global Art Semarang pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui dan menjelaskan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menggambar yang dilakukan di kelas basic Global Art Semarang selama masa pandemi Covid-19; dan (2) mengetahui dan menjelaskan hasil evaluasi pembelajaran menggambar di kelas basic Global Art Semarang pada masa pandemi Covid19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, penelitian ini didapatkan dari sebuah fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan yaitu pembelajaran menggambar di kelas basic Global Art selama masa pandemi Covid19. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggambar di kelas basic Global Art Semarang sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid19 ini terdapat dua model pembelajaran, yakni pembelajaran secara daring dan pembelajaran secara langsung tatap muka guru dan peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran menggambar di kelas basic guru menggunakan pendekatan secara kontekstual.