Abstract
Pembelajaran seni rupa kreatif yang menggunakan media berkarya alternatif adalah salah satu usaha yang digunakan dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif, kreatif dan juga variatif diharapkan dapat menciptakan hasil karya seni yang beragam, menarik dan memperkaya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran berkarya seni kolase dengan memanfaatkan media benang sebagai upaya pembelajaran kreatif bagi siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi beberapa tahap, (1) perencanaan, (2) pengamatan pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi dan rekomendasi, (4) mengumpulkan data, (5) analisis data, (6) penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik, siswa sangat antusias dalam bertanya serta sangat senang dengan berkarya kolase menggunakan benang yang merupakan hal baru bagi mereka. Total nilai keseluruhan 2544 dengan rata-rata 79,5 dalam kategori yang baik. Hasil menunjukkan 16 siswa mendapatkan nilai kategori sangat baik, 11 siswa mendapatkan nilai kategori baik, 2 siswa mendapatkan kategori cukup, 3 siswa mendapatkan nilai kurang baik, dan tidak ada yang mendapat kategori sangat kurang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil karya yang dibuat siswa pada pengamatan terkendali, siswa telah mampu memanfaatkan benang dalam pembelajaran menggambar ragam hias secara kreatif namun karya kolase siswa menjadi lebih ke arah realis daripada ke arah kolase ragam hias.