Abstract
Buku teks seni budaya pada umumnya memuat ilustrasi-ilustrasi untuk melengkapi materi supaya mudah dipahami pembaca, tetapi pada kenyataannya ilustrasi yang disediakan pada buku ajar belum sesuai dengan isi materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan visualisasi ilustrasi buku bahan ajar seni rupa pada buku Seni Budaya Kurikulum 2013 kelas IX terbitan Kemendikbud tahun 2015. (2) Menganalisis kualitas ilustrasi seni rupa pada buku Seni Budaya Kurikulum 2013 kelas IX terbitan Kemendikbud 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods) yang merupakan perpaduan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh data. Suatu desain yang menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk memperoleh data analisis visualisasi dan metode kuantitatif digunakan untuk memperoleh data analisis kualitas. Analisis visualisasi menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) Buku teks ini memiliki visualisasi dan kualitas yang baik digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran untuk siswa dan guru, baik dari segi visual yang telah dianalisis menggunakan teknik analisis kritik seni maupun kesesuaian terhadap materi buku. (2) Berdasarkan indikator dan analisis kualitas menegaskan buku tersebut baik untuk digunakan sebagai bahan ajar.