Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 tidak luput dari berbagai kendala salah satunya motivasi belajar siswa yang kurang. Dari kondisi tersebut dirasa perlu dilakukan pengembangan sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran seni budaya pada materi menggambar ragam hias. Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran ragam hias; (2) Mengembangkan video pembelajaran; (3) Menerapkan video pembelajaran berbasis aplikasi Sparkol Videoscribe dalam pembelajaran ragam hias pada siswa kelas VII SMP N 1 Bawen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Research & Development (R&D) dengan enam tahapan berupa studi pendahuluan, pembuatan media, uji coba terbatas, revisi produk media pembelajaran, implementasi media pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa VII H sebagai sasaran uji coba terbatas dengan jumlah 17 siswa dan kelas VII D sebagai sasaran implementasi media pembelajaran dengan jumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mendapatkan hasil penilaian dari ahli materi dengan jumlah rata-rata yang diperoleh 4 dan berada pada interval V ≥ 3,5 sehingga mendapat kriteria sangat layak. Sedangkan untuk penilaian dari ahli media mendapat hasil rata-rata 3,2 dan berada pada interval V ≥ 2,5 sehingga mendapat kriteria layak. (2) Hasil uji coba terbatas mendapatkan jumlah persentase 79% dengan kriteria kurang tertarik. (3) Hasil implementasi video pembelajaran mendapatkan jumlah persentase 96% dengan kriteria sangat tertarik. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran ragam hias berbasis aplikasi Sparkol Videoscribe layak untuk dikembangkan dan diimplementasikan lebih lanjut.