PEMBELAJARAN MOTIF UKIR PADA SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 JEPARA

Abstract

Seni ukir merupakan kerajinan khas Kota Jepara. Oleh sebab itu diperlukan pengenalan motif ukir pada generasi muda di Jepara. Salah satunya yaitu pembelajaran motif ukir di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara. (2) menjelaskan dan mendeskripsikan gambar siswa dalam pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara, (3) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pembelajaran motif ukir di MTs Negeri 1 Jepara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sebagai berikut: (1) Pembelajaran motif ukir secara keseluruhan tidak sesuai dengan data RPP. Mulai dari tujuan, materi, dan metode tidak dilakukan sesuai data RPP. Tahap pelaksanaan dilakukan 3 kali, yakni: pertemuan 1 membahas materi, pertemuan 2 membuat gambar motif ukir, dan pertemuan 3 menggabungkan beberapa motif ukir. Tahap evaluasi mencakup 3 aspek yaitu: ide, komposisi, dan kesesuaian bentuk. Ide gambar didominasi ragam hias flora, komposisi didominasi keseimbangan asimetris, kesesuaian bentuk rata-rata menggunakan bagian motif ukir; (2) Gambar siswa dibedakan menjadi 3 kategori yaitu: sangat baik, baik dan cukup. Gambar siswa dideskripsikan berdasarkan ide, komposisi dan kesesuaian bentuk; (3) Faktor pendukung pembelajaran yaitu minat siswa mengikuti mata pelajaran praktek, motivasi guru dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat pembelajaran yaitu siswa kurang percaya diri, guru melaksanakan pembelajaran tanpa merumuskan RPP, lingkungan untuk mencari referensi motif ukir.

pdf