EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGAMBAR SECARA DARING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG

Abstract

SMK Muhammadiyah 1 Semarang menggunakan sistem pembelajaran daring guna tetap dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran selama pandemi virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggambar secara daring di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana pembelajaran menggambar secara daring di SMK Muhammadiyah 1 Semarang?, 2) Bagaimana gambar yang dihasilkan siswa melalui pembelajaran secara daring di SMK Muhammadiyah 1 Semarang? dan 3) Apakah pelaksanaan pembelajaran menggambar secara daring terbukti efektif?. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Animasi SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Penelitian ini menunjukan hasil seperti berikut: 1) Pembelajaran menggambar secara daring di kelas X Animasi SMK Muhammadiyah 1 Semarang dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penugasan keterampilan serta pengetahuan untuk memberikan evaluasi kepada siswa dibagi menjadi tiga yang mengacu pada masing-masing kompetensi dasar (KD) seperti membuat karya gambar dengan menggunakan tema yang telah ditentukan yaitu “lima objek model peralatan makan atau dapur”, dan dikumpulkan melalui Whatsapp pribadi guru, 2) Jumlah karya yang terkumpul ada 11 dan dibagi menjadi tiga kategori yang meliputi kategori baik berjumlah 1, kategori cukup baik berjumlah 6 serta kategori kurang baik berjumlah 4, dan 3) Berdasarkan hasil penelitian diatas pelaksanaan pembelajaran menggambar secara daring yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Semarang menghasilkan data yang kurang efektif, selain itu dilihat melalui profesionalitas guru perlu adanya perbaikan dan peningkatan.

pdf