Abstract
Batik merupakan salah satu warisan Indonesia yang memiliki kerumitan tinggi dan dibuat dengan proses yang panjang. SMP Negeri 1 Ungaran menerapkan pembelajaran batik cap bagi kelas IX, stempel yang digunakan siswa dibuat dari bahan kertas tebal dan merupakan hasil karya siswa. Jauh sebelum pembelajaran tersebut dilaksanakan, SMP Negeri 1 Ungaran telah melaksanakan pembelajaran batik dengan teknik canting, tetapi ditemui banyak kendala. Tujuan penelitian ini yakni (1) pelaksanaan pembelajaran batik yang sebelumnya telah terlaksana di kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan stempel batik berbahan kertas tebal oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran, dan (3) menjelaskan proses penerapan stempel batik berbahan kertas tebal oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran pada kain, (4) mendeskripsikan hasil dan evaluasi penerapan stempel batik berbahan kertas tebal oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran pada kain. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran batik canting, siswa menghasilkan karya yang tidak begitu rapi dan ditemui berbagai kendala dalam pelaksanaannya. Meskipun demikian, siswa menghasilkan karya secara tuntas dengan hasil yang relatif baik bagi anak seusia SMP, serta menunjukkan minat yang baik. Dalam pembelajaran pengembangan stempel batik berbahan kertas tebal, siswa menghasilkan karya batik cap yang relatif baik serta menunjukkan sikap dan tanggung jawab yang baik. Sebagian besar siswa telah membuat karya dalam kategori yang baik, dengan perolehan nilai 87-95. Siswa memiliki tanggung jawab yang baik. Seluruh siswa mengumpulkan tugas proyek yang diberikan.