DESAIN KERAJINAN KUNINGAN COR DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI PT. SAMPURNA KUNINGAN JUWANA DESA GROWONG LOR KABUPATEN PATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses produksi, desain produk, perkembangan desain dan strategi pengembangannya kerajinan kuningan cor di PT. Sampurna Kuningan Juwana Kabupaten Pati.Metode penelitian menggunakan pendekatan dan desain kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan: Pertama, pembuatan desain kerajinan kuningan cor yang di produksi PT. Sampurna Kuningan melewati beberapa tahapan meliputi: 1) Persiapan alat yang digunakan dalam produksi, 2) Persiapan bahan produksi kerajinan kuningan cor, 3) Proses produksi kerajinan kuningan cor, 4) Finishing dan pengemasan kerajinan kuningan cor. Kedua, macam desain produk kerajinan kuningan cor PT. Sampurna Kuningan menurut bentuk dan fungsi seninya terbagi dalam dua macam: 1) Desain karya dan produk murni (fungsi hias). 2) Desain Produk terapan (fungsi pakai). Dari semua desain produk terapan (fungsi pakai), dapat digolongkan dalam tiga jenis yaitu desain klasik, desain modern, dan desain minimalis. Ketiga, Perkembangan dan strategi pengembangan produk sebagai berikut: terdapat beberapa aspek fungsi desain, penampilan desain, penggunaan alat produksi, pengemasan pengiriman, dan jalur atau teknik baru dalam penjualan. Strategi pengembangan saat ini lebih mengandalkan 1) sistim make to order dari pada membuat untuk stok showroom. 2)Memberlakukan pembayaran DP atau uang muka untuk pembuatan desain kerajinan kuningan cor. 3) Mempertahankan kualitas desain kerajinan kuningan cor yang dibuat dan pemberian garansi. 4) Pemasaran dengan mengikuti expo, melakukan kerja sama (rekanan) bersama perusahaan lain serta juga melalui media sosial juga dilakukan.

pdf